Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Harapan : Panduan Wisata - Paket Tour - Penginapan - Nomor Kontak

Liburan adalah salah satu rutinitas yang harus dilakukan seseorang untuk penyeimbang hidup. Setelah lelah dengan rutinitas pekerjaan setiap hari ada baiknya kamu merefresh pikiran kamu dengan pergi berlibur ke suatu tempat. Di artikel ini saya mencoba memberikan panduan lengkap untuk berwisata ke Pulau Harapan yang berada di pulau Seribu Jakarta.

Pulau Harapan

1. Tentang Pulau Harapan

Pulau Harapan sendiri secara geografis berada di Kepulauan Seribu Utara, berdekatan dengan Pulau Kelapa dan Royal Resort. Pulau ini dihuni oleh penduduk yang tinggal disana secara turun temurun. Untuk kondisi pulau sendiri sudah padat sekali dengan rumah penduduk lokal.

Di Pulau Harapan juga sudah terdapat ATM center (Bank DKI), Kantor pemerintahan, puskesmas dan juga sekolah. Untuk kebutuhan logistik juga sudah terdapat warung-warung yang menjual makanan.

Jadi Pulau Harapan hanya digunakan sebagai tempat menginap. Untuk wisatanya kamu akan diajak mengunjungi beberapa pulau sambil snorkeling.

2. Lokasi Pulau Harapan

Silahkan lihat yang saya lampirkan dari google map di bawah ini.



3. Cara Menuju Pulau Harapan

Pulau Harapan bisa diakses melalui kapal laut, baik melalui kapal ferry dari kaliadem maupun dari Ancol menggunakan speedboat.

Dari Kaliadem

kamu bisa naik kapal ferry dengan keberangkatan setiap hari pukul 07.00 dan pukul 12.00 dari Pulau Harapan. Kamu bisa membeli tiket di area pelabuhan. Di kaliadem juga sudah terdapat area parkir inap bagi kamu yang mau membawa mendaraan pribadi. Namun jika kamu bepergian di akhir pekan maka kamu harus berangkat lebih pagi karena jalur masuk ke area pelabuhan cenderung macet.

Harga Tiket : Rp. 62.000 One way
Lama perjalanan 3 Jam

Dari Marina Ancol

Untuk kamu yang menginginkan kapal yang nyaman, kamu bisa menuju pulau harapan melalui Marina Ancol dengan menggunakan speedboat. Tersedia untuk tiket reguler maupun charter atau sewa kapal sendiri.

Bisa dibilang perjalanan ke Pulau Harapan dari marina Ancol lebih nyaman karena hanya memakan waktu 1,5 jam perjalanan.

Harga tiket :
Weekday 180.000 (one way)
Weekend 225.000 (one way)

Jadwal keberangkatan :
Pukul 08.00 dari Marina Ancol
Pukul 14.00 dari Pulau Harapan

4. Transportasi ke Pulau Harapan

Dari Kaliadem

Kapal Kaliadem ke Pulau Harapan

Dari Ancol

Kapal Speedboat dari ancol

Baca Juga : Jadwal Kapal dan Harga Tiket Speedboat ke Pulau Seribu dari Ancol

5. Penginapan di Pulau Harapan

Penginapan di Pulau Harapan hanya ada homestay, tidak ada hotel maupun resort. Jadi bentuknya seperti rumah penduduk yang disewakan.

Standar homestay sendiri semuanya rata-rata sudah dilengkapi dengan AC, Tv, Kamar mandi, dan Dispenser. Tidak ada dapur. Ada banyak jenis mulai dari 1 kamar tidur sampai 3 kamar tidur. Namun kebanyakan untuk grup kecil minimal 10 orang biasanya menggunakan 2 kamar tidur dengan tambahan kasur di ruang tamu.

Harga sewa homestay sendiri tergantung jenis, paling murah mulai dari Rp. 350.000 - 500.000 / malam. di bawah ini adalah contoh penginapan di Pulau Harapan, dan banyak jenis penginapan lainnya.

Homestay penginapan di pulau harapan
Baronang pulau Harapan

6. Sewa Kapal di Pulau Harapan

Seperti yang sudah di jelaskan di atas. Bahwa berwisata ke Pulau Harapan adalah mengunjungi pulau lain sambil snorkeling. Maka jika kamu jalan sendiri tanpa tour, kamu harus menyewa kapal untuk bisa menjelajah pulau dan menikmati pesona Pulau Seribu Utara

Kamu bisa sewa kapal kayu sesuai kapasitas jumlah rombongan kamu untuk keliling pulau. Jika menginap 2 hari 1 malam kamu bisa keliling pulau lagi esok harinya usai sarapan sebelum pulang ke Jakarta.

Harga sewa : Mulai dari Rp. 500.000 per kapal

Sewa Kapal Snorkeling di Pulau Harapan
Foto : https://ranarast.wordpress.com

7. Tempat Wisata dan Spot Snorkeling di Pulau Harapan

Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi disana, untuk itu saya coba jabarkan satu persatu.

Pulau perak

Pulau perak merupakan pulau kosong tidak ada penduduk. Pulau berpasir putih ini masih satu pemilik dengan Pulau Pelangi. Menjelang sore di akhir pekan Pulau Perak ramai dengan pengunjung, biasanya terdapat banana boat dan watersport lainnya. Di area ini juga terdapat ayunan yang bisa kamu jadikan property foto. Terdapat warung yang menjual minuman, kopi, indomi dan kelapa muda. Jika kamu liburan mandiri, ada biaya masuk sebesar Rp. 10.000/orang. Dan jika kamu menggunakan private speedboat dari Ancol, dikenakan biaya mooring (biaya sandar) sebesar Rp. 150.000/speedboat.

Pulau Perak

Pulau Dolphin

Spot wisata lainnya adalah Pulau Dolphin. Saya pernah ngecamp disini dan menurut saya nyaman untuk wisata. Pulaunya kecil, ada yang jualan juga. Kamu bisa berenang dan memainkan pasir putih yang bener-bener lembut. Pulau ini juga jadi tempat terbaik yang untuk camping, nyaman, teduh dan damai.

Pulau Dolphin

Pulai bira

Pulau Bira biasanya dikunjungi menjelang sunset, sayangnya saya belum tau persis ada apa disana. Soalnya waktu kesana hanya singgah di dermaga sambil menunggu sunset. Totaly rekomended

Pulau Bulat

Pulau Bulat bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Pulau Harapan, Sebuah Pulau yang menyimpan sejarah yang konon pulau ini milik mantan Presiden Soeharto. Terdapat bangunan usang yang sudah tidak terpakai.

Pulau Gosong

Yang paling epic adalah Pulau Gosong, yang merupakan hamparan pasir putih di tengah lautan. Bisa dibilang versi kecilnya Pasir Timbul di Raja Ampat. Namun perlu momen yang pas, karena jika air laut lagi pasang. Pulau Gosong akan tenggelam.

Pulau Gosong Pulau Seribu

Pulau Tongkeng

Pulau Tongkeng juga sebuah pulau tak berpenghuni, ada bangunan dan yang jualan juga disana. Pas saya kesana hanya singgah sebentar sih di dermaga nya aja jadi tidak terlalu banyak informasi yang saya dapat.

Pulau Tongkeng Kepulauan Seribu

Kayu angin genteng

Pulau Kayu angin genteng juga bisa dikunjungi walau hanya sekedar untuk foto-foto saja.

Untuk spot snorkeling, kamu bisa minta rekomendasi dari pihak kapal untuk diarahkan ke tempat yang bagus.

Baca Juga : Liburan Seru Camping di Pulau Melinjo, Kepulauan Seribu

8. Biaya Ke Pulau Harapan

Biaya ini saya rincikan semisal kamu tidak menggunakan jasa travel agent ya. Untuk pakai jasa, saya akan uraikan khusus di bawah paket-paket nya.

Variabel yang diperlukan.
- Kapal Kaliadem Rp. 62.000 one way, 225.000 Dari Ancol
- Penginapan Rp. 500.000
- Biaya Makan Rp. 25.000 sekali makan
- Sewa Kapal Snorkeling Rp. 500.000
- Sewa Alat Snorkeling Rp.  35.000
- Barbeque Paketan biasanya Rp. 200.000
- Biaya Tour Guide Rp. 250.000
- Biaya Masuk Pulau Rata2 Rp. 10.000/Pulau

9. Kontak Person ke Pulau Harapan

Untuk kamu yang berniat berlibur ke Pulau Harapan, saya coba infokan nomor kontak penyedia fasilitas yang kamu perlukan.
a. Kontak speedboat Marina Ancol - Mr Alimsyah Hp. 0813-8834-6712
b. Kontak keperluan kamu di Pulau - Bang Ilham Hp. 0818-0783-3620

10. Paket Wisata Ke Pulau Harapan

Untuk kamu yang gak mau ribet mengurus sendiri perjalananmu, kamu bisa memilih opsi untuk membayar jasa penyedia tour ke Pulau Harapan. Travel operator yang akan melayanimu dan menyiapkan segala keperluanmu. Dan berikut adalah paket wisata yang ditawarkan rata-rata para travel agent.

a. One day tour

One day tour hanya bisa berjalan dengan layanan tour dari Marina Ancol menggunakan kapal cepat. Kalo dari kaliadem waktunya tidak cukup.

Harga Mulai dari Rp. 500.000/orang

b. 2 hari 1 malam

Paket 2 hari 1 malam yang ditawarkan agent biasanya ada 2 opsi. Dari Kaliadem mulai dari Rp. 350.000/orang. Dari Ancol mulai dari Rp. 700.000/orang. Tergantung fasilitas dan jumlah peserta.

c. 3 hari 2 malam

3 hari 2 malam juga sama, ada 2 opsi baik dari Ancol maupun dari Kaliadem. Harga keduanya juga sama, dipengaruhi oleh jumlah peserta dan fasilitas.

11. Rekomendasi Travel Ke Pulau Harapan

Untuk kamu yang memilih berwisata ke Pulau Harapan menggunakan jasa travel agent, saya coba rekomendasikan beberapa agen berikut ini. Silahkan tanya sedetail mungkin rencana perjalananmu melalui kontak di bawah ini 

a. Sheila Tour

Alamat : Marina, Jl. Lodan Raya No.2, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
No. Telp 0815-8781-517
Web pulauseribu-resort.com

b. Dewa Wisata

Alamat : Jl. Riverside Bukit Golf Klater Lavender Blok gg 3A No. 3 Cibubur - Jakarta Timur
No telp : 021 - 29824158 / 0813-1887-0033
web www.dewasisata.com

c. Sealeader Marine

Alamat : Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
No. Telp : 0813-8834-6712
Web www.sealeadermarine.com

d. Baruna Pulau Seribu

Alamat : Marina, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
No Telp : 0812-9830-9995
Web http://barunapulauseribu.com/

12. Keunikan Pulau Harapan

Pada dasarnya Pulau Harapan mirip-mirip dengan pulau penduduk lainnya seperti Pulau Tidung maupun Pulau Pari. Namun yang menarik perhatian saya adalah banyak penjual cilor (aci telor) yang jualan di area dermaga. Enak sih gurih apalagi pas panas tengah hari bolong. Kamu harus mencobanya.

13. Yang Harus Dipersiapkan

Sebelum pergi, saya sarankan kamu bawa perlengkapan di bawah ini ya.

  1. Kacamata Hitam
  2. Antimo jika kamu dari kaliadem
  3. Sunblock
  4. Pakaian ganti
  5. Sabun dan Alat mandi
  6. Obat-obatan pribadi

Mungkin itu saja sementara panduan lengkap ke Pulau Harapan yang bisa saya share. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar agar bisa saya masukan ke bagian artikel.