Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghapus Url Yang Terindex di Google Karena Error 404 di Blogspot

Memperbaiki error 404 di blogspot

Halo sobat, kali ini saya mendapati masalah error 404 di blogspot. Eror ini terjadi karena sebelumnya domain armandolan.com ini  terinstall di wordpress dan sudah ada beberapa artikel terindex. Namun bermasalah dengan hosting saya yang mengakibatkan semua data hilang sementara belum terback up jadi domain ini saya bangun ulang dan diganti dengan platform blogspot.

Kenapa bisa muncul error 404 di Blogspot ?

Error 404 mengindikasikan bahwa url sudah tidak aktif, entah karena rusak, terhapus atau diedit yang mengakibatkan google tidak bisa meramban url aslinya.

Untuk kasus yang saya alami adalah, karena artikelnya memang sudah tidak aktif hilang hostnya jadi tidak bisa lagi diredirect maupun diperbaiki. Maka untuk mendukung agar lebih ramah mesin pencari, saya harus melakukan penghapusan dari index untuk url-url yang bermasalah dengan error 404 di blogpot tadi.

Cara Mengetahui Url mana saja yang error 404

Karena artikel saya belum terlalu banyak, maka saya mengeceknya secara manual dengan mengetikan site:https://www.armandolan.com di google. maka akan muncul semua laman yang terindex di google. Jika bisa diakses artinya urlnya aktif, namun jika muncul pesan error 404 saya catat di notepad artikel error tersebut untuk kemudian akan saya minta penghapusan dari serp google.

Menghapus url error 404 di blogspot
Url yang terindex error 404

Cara Menghapus Url Dari Pencarian Google

Sebelum melakukan penghapusan, kamu harus mengetahui dahulu penyebab error 404 yang terjadi, kasus yang saya alami memang dikarenakan artikelnya sudah hilang maka saya lakukan penghapusan. Namun jika penyebabnya adalah karena url yang berubah atau diperbaiki maka agar kamu tidak kehilangan visitor kamu bisa meredirect dari url lama ke url yang baru

Karena saya mau menghapusnya, maka saya lakukan hal ini!

Step 1 - Masuk ke Permintaan Hapus url di webmastertools
Step 2 - Pilih blog terdaftar yang akan dihapus beberapa url nya
Step 3 - Masukan url yang sudah terindikasi error 404 di blogspot tadi - Continue
Step 4 - Di tahap ini ada 3 pilihan
  • Opsi 1 - Menghapus cache dan url dari search sementara
  • Opsi 2 - Hapus cache saja
  • Opsi 3 - Hapus cache sementara dan sembunyikan semua di url tersebut
Disini karena saya ingin menghapus keseluruhan data di url tersebut, maka saya pilih opsi ke 3.
Menghapus Url karena error 404
Untuk banyak url yang di hapus, lakukan semua url bermasalah error 404 tadi satu persatu, maka google akan memproses penghapusan dan melakukan peninjauan. 

Disini, saya sudah selesai menghapus beberapa url yang bermasalah tadi dan tinggal menunggu efeknya ke blog saya ini.