Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Membuat dan Membangun Blog untuk Blogger Pemula

Halo sobat blogger, di era digital seperti sekarang ini, kita tidak bisa memungkiri bahwa banyak anak muda yang memiliki minat di dunia online. Termasuk Saya. Terkait hal itu maka saya coba mempelajari bagaimana cara membuat dan membangun sebuah blog hingga bisa menghasilkan.

Yang perlu sobat ketahui, bahwa membangun sebuah blog tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu effort atau pengorbanan yang berdarah-darah. Tidak semata-mata hari ini membuat besok sudah ada visitor yang mengunjungi blog kita.

Baik, langsung ke pokoknya aja, kali ini saya coba buat panduan lengkap membuat blog dari awal, kemudian membangunnya hingga bisa menghasilkan.

Blog update Oktober 2019


Cara Membuat Blog untuk Pemula Dengan Platform Blogger

Baik kali ini saya coba share untuk membuat blog gratisan terlebih dahulu dengan platform blogger. Dan silahkan ikuti tahapan demi tahapan berikut ini !

Step 1 - Membuat akun email google
Disini mungkin tidak perlu saya jabarkan secara gamblang, kamu tinggal kunjungi mail.google.com dan silahkan registrasi dan buat email kamu disana. Jika sudah punya akun google mail atau gmail. kamu bisa lewati langkah ini.

Step 2 - Daftar Blogger
Pada tahap ini, kamu bisa akses ke www.blogger.com kemudian login menggunakan akun gmail kamu. Kemudian klik - buat blog baru Kemudian akam muncul tampilan seperti ini

cara membuat blog

Keterangan Nomor
1. Isi dengan judul blog kamu
2. Kolom alamat isi dengan alamat url blog kamu. Cari nama yang unik hingga kolom tercentang biru, jika tidak centang biru artinya alamat blog yang kamu pilih sudah dipakai orang lain.
3. Pilih template atau tema yang kamu inginkan

Kemudian klik BUAT BLOG maka kamu akan diarahkan ke menu blog kamu seperti berikut ini !

belajar membuat blog
Penjelasan dari nomor di atas adalah

  1. Itu adalah judul blog kamu, jika kamu memiliki lebih dari satu blog maka kamu bisa switch dengan menekan panah kecil di sampingnya
  2. Adalah menu postingan blog kamu, disitu akan terlihat semua postingan kamu, mulai dari yang dipublish, draft sampai yang dijadwalkan.
  3. Kamu bisa melihat statistik blog kamu di menu ini, jumlah pengunjung, gaway yang digunakan, lokasi pengunjung akan muncul disini
  4. Kolom komentar untuk melihat komentar di blog kamu, bisa untuk menyaring komentar-komentar spam
  5. Halaman merupakan sebuah kolom untuk membuat laman kamu, seperti kontak, about, disclaimer dan lain lain
  6. Tata letak, adalah kamu bisa menyusun posisi dan menambahkan gadget di blog sidebar kamu dan menyusunnya supaya rapih.
  7. Kolom tema adalah menu untuk pengaturan template blog kamu
  8. Setelah ini, untuk lebih jauh pengaturan blog kamu
  9. Tombol untuk membuat postingan baru
  10. Postingan yang kamu buat

Di tahap ini, kamu sudah berhasil membuat blog kamu, kamu coba akses alamat bloh yang kamu buat tadi dan Selamat sekarang kamu sekarang sudah mempunyai blog.

Mengatur Setelan Blog Kamu Agar Lebih SEO Friendly

Agar blog kamu lebih ramah dengan mesin pencari, kamu bisa melakukan setelan di blog kamu seperti di bawah ini.

Step 1 - Masuk ke menu Setelan - Preferensi Penelusuran
Step 2 - Tambahkan deskripsi yang mewakili blog kamu, kemudian simpan perubahan


deskripsi blog
Step 3 : Aktifkan Meta Robot.txt Khusus
Di tahap ini, silahkan isikan kode berikut ini

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml

*ganti tulisan merah dengan alamat blog kamu

Tag robot khusus blog
Kemudian - Simpan Perubahan

Step 4 : Aktifkan Tag tajuk robot khusus
Pada tahap ini, kamu harus perhatikan settingannya dengan detil, karena ini sangat penting untuk menunjang SEO blog kamu. Karena kalo salah akan berpengaruh ke blog kamu. Ikuti settingan yang ada di gambar di bawah ini ya !

Setting Tag Tajuk robot khusus

Jika sudah di setting sesuai di gambar, kemudian simpan perubahan

Pada proses ini, blog kamu sudah disetting dengan baik, sekarang masuk ke tahap berikutnya

Cara Membuat Postingan Di Blogger Agar Ramah SEO

Pada tahap ini, kamu akan mulai membuat postingan pertama kamu, di atas sudah saya jelaskan untuk menu membuat postingan baru. Silahkan klik ke menu Postingan -> Entry Baru


Cara Posting Blogger SEO
Conroh interface posting blogger
Step 1 - Buat Judul yang Menarik, cantumkan kata kunci yang dibidik di judul blog

Step 2 - Lengkapi isi postingan sedetail mungkin, usahakan artikel minimal 500 kata per postingan dengan mengandung, taging H1 dan H2, inget cantumkan kata kunci target pada isi artikel. Kamu bisa membaca artikel saya yang berjudul Artikel Yang Baik itu Seperti apa ? jika dirasa bingung. dan jangan lupa lampirkan gambar agar lebih menarik.

Step 3 - Pada kolom label, silahkan isi kategori postingan blog kamu, contoh : Jika postingan kamu membahas tentang wisata kamu bisa beri label "Wisata" jika tentang tutorial kamu bisa isi dengan "Tutorial:

Step 4 - Menu tautan permanen, kamu bisa edit tautan ini agar lebih Seo Friendly dengan mencantumkan kata kunci pada url ini.

Step 5 - Isi deskripsi singkat yang mewakili isi postingan kamu, dan jangan lupa lampirkan kata kunci yang dibidik pada deskripsi ini juga.

Selesai, pada tahap ini, kamu sudah memiliki postingan kamu yang pertama, untuk memposting artikel lainnya kamu bisa mengulangi kembali sesuai tahapan-tahapan di atas.

Mengganti Template Agar Lebih Menarik Dan Ringan

Di tahap ini, saya ingin mengajak kamu untuk mengedit tampilan blog kamu biar cantik dan menarik. Sebenarnya template bawaan blogger sudah bagus, kok. Namun jika kamu menginginkan tampilan yang lebih kamu bisa cari tema blog gratisan yang tersebar di internet. Namun kamu harus pertimbangkan jangan cuma bagus dilihat tapi juga ringan saat loading. Karena google menyukai situs yang loadingnya cepat saat diakses. Dan pilih template yang sudah mobile friendly atau ramah jika diakses di smartphone.

Saya hanya akan membagikan caranya saja, ya.. jika kamu menginginkan template seperti yang saya pakai, bisa beli di template mas sugeng. Viomagz Template

Step 1 - Masuk ke menu Tema di samping sebelah kiri
Step 2 - Kemudan Klik 3 titik di sebelah kanan - Klik Pulihkan - Upload


Mengganti Template Blogspot


Anggap saja kamu sudah memiliki template atau tema yang akan kamu unggah untuk mengganti tema kamu yang lama. Maka pilih dari komputer kamu kemudian upload.

Selesai, pada tahap ini kamu sudah mengganti template blog kamu dengan yang baru.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Untuk melakukan penambahan ke google search console, saran saya setidaknya artikel kamu minimal 5-10 Artikel. Baru kamu submit ke Google Search Console.

Didaftarkan ke Google Search Console akan membuat blog kamu lebih ramah sama google, dan dengan search console juga artikel kamu lebih cepat terindex.

Dan beginilah cara mendaftarkan blog kamu ke google search console

Step 1 - Silahkan akses Google Search Console -> Login menggunakan Gmail kamu
Step 2 - Tambahkan url Blog kamu di pendaftaran property seperti di bawah ini

Google Search Console

Karena platform blogger tidak perlu verifikasi DNS maka silahkan masukan di kolom kedua seperti pada gambar di atas. Setelah dicantumkan maka klik TERUS

Untuk saat ini platform blogger sudah memverifikasi otomatis kepemilikan blog dengan email yang kamu daftarkan. Sekarang silahkan Buka Property

Step 4 - Tambahkan Peta Situs / Sitemap blog kamu di menu Sitemap di sebelah kiri menu, lalu tambahkan sitemap.xml setelah url kamu lalul KIRIM

Sitemap Search Console Google

Peta situs penting untuk google mengenal blog dan meramban ke blog kamu. 

Pada tahap ini, blog kamu sudah terdaftar di Google Search Console

Cara Agar Artikel Kamu Cepat Terindex Google

Ketika kamu sudah menulis artikel, maka artikel kamu perlu terindex di google jika ingin dikunjungi dari visitor melalui pencarian google. Namun jika menunggu manual biasanya memakan waktu 2-5 hari baru terindex oleh google. Maka dari itu, sebagai pemilik blog perlu mensubmit url blog kamu agar cepat terindex. Dengan cara ini, biasanya hanya memakan waktu 5 - 10 menit saja artikel kamu sudah terindex di google.

Tahap 1 - Masuk ke Google Search Console - Inspeksi Url di sebelah kiri menu -> Paste url postingan kamu di bagian atas kemudian tekan enter

Cara cepat terindex google


Tahap 2 - Minta Pengindeksan

Cara agar blog cepat terindex google
pada tahap ini, blog kamu sudah didaftarkan ke direktori google, tunggu sekitar 5-10 menit kemudian kamu cek apakah blog kamu sudah terindex google atau belum.

Cara ngeceknya adalah dengan cara ketikan di browser site:https://www.blogkamu.blogspot.com (ganti tulisan berwarna merah dengan alamat blog kamu)

Jika sudah terindex maka tampilannya akan seperti ini. (Ini saya pake artikel dari blog lain, karena blog baru tadi belum memiliki artikel)


cara cek indeks di google
Pada tahap ini blog kamu sudah terindex google dan siap ditemukan di mesin pencari. 

Membangun dan Mengembangkan Blog Hingga Menghasilkan Uang

Ini adalah tujuan utama dari ngeblog, adalah mendapatkan penghasilan dari online melalui blog. Namun ada banyak cara mendapatkan uang dari blog sebenarnya. Namun yang lebih banyak dikenal adalah program Google Adsense. Tapi bukan perkara mudah, berikut saya coba uraikan tahap demi tahap agar blog kamu menghasilkan uang.

Tahap 1 - Buat Plan atau Map beserta Goal nya dari Blog kamu
Contoh disini, kamu bisa tanyakan di awal, apa tujuan kamu membuat blog ? Kalo untuk agar mendapatkan penghasilan dari online, apa yang akan kamu pilih. Sebagai publisher adsense kah ?, menjual barang dan jasa kah ? atau tujuan lain dari situ jelas alurnya di arahkan kemana. Ini juga akan pengaruh ke tema tulisan yang akan kamu tulis nantinya. Dalam hal ini saya contohkan bahwa goal dari blog kamu adalah Google Adsense. Karena beda tujuan beda juga jalannya.

Tahap 2 - Tentukan tema dan Bangun Sebuah Blog
Pada bagian ini, sudah dijelaskan cara membuat blog di atas, tinggal kamu tentukan tema atau niche apa yang akan kamu ambil dan tulislah artikel yang berkaitan dengan tema yang kamu pilih.

Para publisher kadang memilih tema atau niche yang memiliki nilai klik tinggi untuk Adsense, namun untuk pembelajaran kamu bisa tulis dari apa yang kamu kuasai terlebih dahulu.

Tahap 3 - Datangkan visitor sebanyak-banyaknya
Visitor adalah kunci utama keberhasilan sebuah blog, semakin banyak pengunjung ke blog kamu, semakin sukses kamu di dunia blogger. Seperti halnya sebuah toko, semakin ramai pengunjung semakin besar peluang untuk mendapatkan omset yang besar. Cara mendatangkan pengunjung bisa dengan membagikan artikel ke sosial media kamu, atau juga dengan optimasi mesin pencari atau SEO

Tahap 4 - Mulai monetisasi dengan Google Adsense
Setelah kamu mendapatkan pengunjung loyal, saatnya kamu mendulang keuntungan dari Google Adsense dengan mendaftarkan blog kamu terlebih dahulu. Di bagian ini yang harap-harap cemas karena blog kamu masih ke tahap review google terlebih dahulu. Dari pengalaman proses ini bisa 2 minggu sampai satu bulan bahkan lebih. Tunggu sampai disetujui, maka pasang kode iklan di blog kamu dan dapatkan bayaran dari setiap iklan yang di klik oleh visitor.