14 Spot Tempat Wisata Menarik di Raja Ampat Utara Yang Harus Dikunjungi

Bicara soal Raja Ampat, tak lepas dari destinasi wisata yang sudah sangat mendunia. Dan terkenal memakan biaya yang tinggi sekali. Jadi untuk kamu yang berniat ke Raja Ampat ada baiknya memetakan destinasi yang ingin kamu tuju. Agar perjalanan mu terencana dan mendapatkan destinasi terbaik sesuai yang kamu inginkan.

Dan di artikel kali ini, saya coba kasi beberapa rujukan destinasi menarik yang harus kamu kunjungi di Raja Ampat. Dan kali ini yang akan saya bahas adalah di Raja Ampat Utara

Sebelum itu, saya juga merekomendasikan kamu membaca beberapa artikel berikut ini

  1. 6 Pilihan Resort di Raja Ampat Yang Bisa Kamu Jadikan Tempat Menginap
  2. 5 Tempat Sewa Speedboat Untuk Tour di Raja Ampat

1. Wayag

Wayag merupakan destinasi paling jauh di kawasan Raja Ampat Utara, namun akan terbayar dengan pesona yang luar biasa. Terdapat 2 puncak yang jadi primadona melihat raja Ampat dari ketinggian yaitu Puncak Wayag 1 dan Puncak Wayag 2, di area ini juga terdapat pos konservasi yang mana kamu bisa berenang bersama hiu maupun snorkeling bersama schooling fish. Berada di Wayag, kamu akan merasakan betapa megah dan indahnya negara kita Indonesia ini.

Jika kamu menginap di kawasan Waisai, maka untuk menjangkau area ini memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan menggunakan speedboat. Bagi saya, cara terbaik untuk efisiensi waktu, maka saya memilih menginap di homestay di area wayag, jadi waktu lebih efektif menikmati wayag lebih lama daripada harus lebih lama di perjalanan.

Untuk mendaki Puncak Wayag, kamu harus memiliki stamina yang kuat. Jadi untuk kamu yang memiliki penyakit khusus atau kondisi fisik yang lemah saya tidak menyarankan untuk ke Wayag, Karena akan menguras energi banyak sekali.

Wayag, Raja Ampat
Wayag Raja Ampat

Baca Juga : Menginap di Talaip Homestay Wayag Raja Ampat

2. Teluk Kabui

Spot ini juga jadi spot menarik yang harus kamu kunjungi, dengan panorama gundukan pulau-pulau serta bentangan pemandangan laut yang luar biasa akan mengagumkan kamu saat berkunjung ke Teluk Kabui. Di area ini terdapat spot berupa Batu Pensil dan Batu Wajah yang bisa jadi latar belakang foto kamu.

Untuk menjangkau Teluk Kabui, kamu memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Waisai menggunakan speedboat.


Teluk Kabui Raja Ampat
Teluk Kabui

3. Piaynemo

Jika kamu memperhatikan uang selembaran Rp. 100.000 kamu akan mendapati spot di Raja Ampat yang satu ini. Yes, Piaynemo namanya. Sebuah spot foto yang dengan hamparan gundukan pulau yang mempesona. Untungnya di area ini sudah ada tangga sampai puncak jadi lebih enak tertata. Dan bisa pelan-pelan hingga ke puncak meski kondisi badanmu lemah.

Di area ini sudah terdapat toilet umum, dan juga warung-warung di area dermaga, ada yang jual kelapa muda, bahkan ada yang jual lobster dan kepiting.


Piaynemo Raja Ampat
Piaynemo Raja Ampat

4. Telaga Bintang


Tidak jauh dari Puncak Piaynemo, sekitar 5 - 10 menit kamu bisa singgah ke Telaga Bintang, sebuah laguna berbentuk bintang yang bisa jadi latar belakang foto kamu. Untuk bisa menikmati foto dari atas, kamu harus trekking setidaknya 5-10 menit. Namun kondisi tempat berfoto sangat sempit dan terjal, jadi kamu harus bergantian dengan teman-temanmu, dikala rame kamu harus bersabar antri untuk bisa berfoto disini.

Di depannya terdapat Piaynemo Homestay yang damai dan tenang, biasanya di Piaynemo Homestay ini traveller akan diajak singgah untuk makan siang dan shalat dzuhur sama travel operator raja ampat.

Telaga Bintang Raja Ampat
Telaga Bintang


Baca Juga : Pengalaman Seru, Menginap di Piaynemo Homestay Raja Ampat


5. Rufas

Lokasi rufas persis di depan pintu masuk ke Piaynemo, sekitar 15 menit perjalanan dari Piaynemo. di lokasi ini terdapat laguna di dalam pulau. Kamu bisa naik ke atas untuk berfoto, dan bisa snorkeling di area dermaga Rufas.

Sejauh waktu saya kesana, belum terlalu komersil dan memang masih gratis singgah disini, memang sudah ada beberapa pemondokan sudah berdiri namun beroperasi jadi kemungkinan jika lewat dari 2019 kondisi rufas bisa saja berubah.

Rufas, Raja Ampat
Rufas Raja Ampat

6. Desa Wisata Arborek

Menginginkan liburan sambil berinteraksi dengan warga lokal ? kamu bisa singgah maupun menginap di Pulau Arborek. sebuah perkampungan dengan kearifan lokal yang luar biasa. Waktu saya menginap Lalosi Homestay Arborek, belum ada listrik jadi masih memanfaatkan diesel sebagai daya listrik yang beroprasional hanya di malam hari.

Di sini juga kamu bisa membeli oleh-oleh berupa topi manta atau kerajinan tangan untuk oleh-oleh kamu di rumah. hehe

Selain itu, tidak jauh dari Arborek terdapat spot berupa manta point berupa spot dimana para manta menari-nari dilautan. Namun hanya ada di musim-musim tertentu saja.

Menarik juga di Arborek adalah kamu bisa snorkeling bersama sekawanan ikan schooling fish yang berada di jetty.

Desa Wisata Arborek
Desa Arborek Raja Ampat

Baca Juga : Pengalaman Menginap di Lalosi Homestay Arborek, Raja Ampat

7. Desa Sawingrai

Ada apasih di Sawingrai ? Desa wisata ini juga bisa jadi alternatif liburan kamu. Di Sawingrai kamu bisa melakukan aktifitas berupa memberi makan ikan di dermaga dan juga melihat burung cendrawasih.

Untuk melihat Cendrawasih, atau istilah kerennya watching bird setidaknya kamu harus tiba di lokasi ini sebelum pukul 5.30 WIT. Karena kawanan cendrawasih menampakan diri di pagi hari. Dan untuk melihat cendrawasih sendiri kamu perlu membayar Rp. 150.000/Orang sudah termasuk pemandu.

Sawingrai Raja Ampat
Sawingrai 

8. Sawendarek

Sejauh saya singgah di Sawendarek, kebetulan belum sempat menjelajah ke perkampungannya, hanya snorkeling saja di area dermaga. View bawah laut disini didominasi oleh ragam spesies ikan dan besar-besar. Snorkeling di Sawendarek akan mengajak kamu seolah berada di aquarium, keren banget. Dan beberapa kali singgah disini sepertinya menjadi spot diving juga, di area tengahnya.


9. Yenbuba

Yenbuba juga perlu kamu kunjungi, sebuah destinasi yang bagus untuk spot snorkeling. Terumbu karang dan ikan memadu menjadi satu kesatuan keindahan yang pesonanya gak bisa dilupakan. belum lagi air yang jernih serta jetty yang jadi primadona untuk bisa berfoto di bawah laut. Namun, disarankan untuk berhati-hati karena arus di Yenbuba lumayan kenceng. Dan jaga selalu ekosistem bawah lautnya ya dengan tidak menginjak terumbu karang.

Sawingrai Raja Ampat
Jetty Yenbuba Raja Ampat


Yenbuba juga jadi spot diving yang jadi favorit para diver.

10. Pasir Timbul

Di bagian lain ada yang menyebut fenomena ini dengan Pulau Gosong, hehe.. ya sebuah hamparan pasir putih di tengah lautan luas yang hanya akan muncul di saat lautan surut. Jika lagi pasang Pasir Timbul tidak terlihat. Jadi jangan kecewa ya, kalo tidak semua wisatawan bisa menikmati Pasir Timbul hehe.. Untuk mengatasinya kamu perlu menyesuaikan waktu pas di saat kondisi air laut surut. Maka kamu bisa tanyakan ke Travel Operator kamu untuk waktu terbaik berkunjung ke Pasir Timbul.


Pasir Timbul Raja Ampat
Pasir Timbul Raja Ampat

11. Batu Lima

Batu lima, masih berada tidak jauh dari Area Friwen dan Waisai, sebuah lokasi snorkeling yang bisa memikat kamu dengan terumbu karang dan ikan-ikannya. Waktu saya snorkeling disana, terdapat lumba-lumba yang kerap kali memberi sinyal dan muncul beberapa kali ke permukaan. Dan nampaknya jadi spot diving juga, karena pas saya kesana ada yang lagi diving.

Batu Lima Raja Ampat
Underwater Batu Lima

12. Saporkren

Saporkren adalah spot untuk watching bird, melihat cendrawasih menari di pagi hari. Lokasi ini bisa ditempuh lewat jalur darat dari Waisai. Sekitar 20 menit perjalanan dari TPK 48 Dive Resort, dan seperti halnya di Sawingrai, kamu harus tiba di lokasi sebelum fajar. Jadi usai shalat subuh kamu sudah harus bergegas menikmati Cendrawasih menari-nari.

Namun sepertinya, untuk wisatawan lokal kegiatan ini kurang menarik perhatian, pasalnya ketika saya kesana mayoritas pengunjung adalah wisatawan asing.

Bird Watching Saporkren
Bird Watching Saporkren


13. Friwen Wall

Friwen Wall, adalah spot snorkeling di Raja Ampat. Terumbu karangnya bagus, berbentuk tebing. Arusnya lumayan kencang disini, kamu harus berhati-hati. Disarankan untuk snorkeling menggunakan pelampung demi keamanan.

Dan Friwen Wall juga jadi spot diving yang keren, karena saat snorkeling aja di palungnya itu keren banget terumbu karangnya.

Friwen Wall Raja Ampat
Friwen Wall Raja Ampat

14. Friwen Kampung

Friwen Kampung bisa jadi tempat peristirahatan terbaik, terdapat warung dan juga bisa jajan kopi atau juga pisang goreng pake sambel. hehe.. ada ayunan yang jadi permainan anak-anak lokal. Disini saya memilih untuk bersantai sembari menikmati panorama indahnya laut raja ampat. Dari sini waisai sudah terlihat dan kamu bisa bercengkrama dengan warga lokal untuk sensasi liburan kamu.

Friwen Kampung Raja Ampat
Friwen Kampung / Friwen Bonda
Jika ada yang ingin ditanyakan seputar spot lainnya di Raja Ampat, bisa berkomentar di bawah ini ya.. 



Belum ada Komentar untuk "14 Spot Tempat Wisata Menarik di Raja Ampat Utara Yang Harus Dikunjungi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel