Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Untuk Menjalankan Bisnis Online Dari Kampung

Kondisi pekerjaan imbas corona memang sadis, ya kantor tempat saya bekerja pun sudah tak bisa lagi menyembuhkan dirinya sendiri. Yeps.. tidak bisa menutup biaya operasional lagi. Gak stabil pokoknya.. 

Ini mungkin bukan terjadi hanya pada saya saja, tapi banyak juga di luar sana yang mengalami hal yang sama. Ya mereka yang kehilangan pekerjaan dan mata  pencaharian untuk keluarga mereka.

Di kondisi saat ini, kita memang dituntut untuk kreatif dan siap bersaing. Karena hidup harus terus berlanjut, perut tetap butuh asupan makanan, tempat tinggal dan kebutuhan pokok lainnya harus tetap terpenuhi.

Lalu apa yang saya lakukan, ketika saya tidak lagi bekerja ?


Pemandangan Sehari-hari di kampung halaman

Kembali Ke Kampung dan Menjalankan Bisnis Online

Meski memang sebenarnya di kampung saya masih susah untuk akses internet, jangankan internet, telpon seluler saja hanya provider tertentu saja yang bisa menjangkaunya.

Tapi tidak apa-apa, kendala jangan jadi hambatan untuk berkarya.

Lalu, bisnis online apa saja yang akan saya jalankan ?

Saya sudah menyusun sedikit bisnis plan, ya gak jauh-jauh lah kalo bisnis online mah. Intinya saya paling cuma jalanin apa aja yang sudah terbukti menghasilkan.

1. Affiliasi

Saya rasa, bisnis affiliasi jadi urutan pertama, masalahnya ini ternyata enak dijalanin loh.. gak perlu stok produk, gak perlu urus pengiriman dan juga gak perlu balesin chat pembeli. Semua serba otomatis dan sudah terbukti.

Kamu bisa baca tulisan saya yang menceritakan pendapatan dari bisnis affiliasi.

2. Publisher

Publisher sendiri sudah sejak lama digeluti, meski gak maksimal sih, karena masih terbilang setahun sekali PO nya juga. Tapi lambat laun, trafik website semakin tinggi dan berangsur pendapatan setiap hari semakin naik. Jadi optimis saja semoga kedepan bisa payout setiap bulan dari Google Adsense.

3. Freelance

Nah ini juga jadi pilihan pekerjaan yang mungkin lebih banyak makan waktu pengerjaan, hehe.. basic dasar skill saya di SEO dan website, maka saya juga jalanin jadi seorang freelancer yang buka jasa bikin web di cianjur dan optimasi SEO.

Untuk memasarkannya tak lupa saya juga ngebid di situs-situs freelancer.

4. Jualan Jasa / Produk

Kalo ini dulu sih fokus disini yaitu jualan jasa dan produk, pernah jualin produk-produk outdoor, kaya Tenda camping, sleeping bag. Dan lumayan sih sebenernya, tapi perlu stok. Dan ini bakal tetep saya jalani dari jauh. Jadi seorang droppshipper aja. Karena kalo jadi produsen gak kejangkau pengiriman dari kampung saya. Bakal gak bersaing di biaya kirim hehe.. 

Alasan Lain Kenapa Harus Bisnis Online Di Kampung ?


Tentu juga jadi alasan memilih untuk bisnis online dari Kampung adalah karena banyak faktor selain karena hilangnya pekerjaan. Diantaranya :
  1. Biaya operasional rendah
  2. Damai dan Nyaman
  3. Dekat dengan Ibu dan Keluarga
Dan kurasa pasti untuk praktisi-praktisi online tempat dan lokasi bukan hambatan untuk terus berikhtiar dalan bekerja. Selama masih ada internet Insya Allah rejeki masih akan terus mengalir ke kita.

Mulai saat ini, aku ucapkan selamat tinggal kepada hiruk-pikuk kota serta kenangan-kenangan di dalamnya.. 

Apakah kamu juga berminat untuk bisnis online di kampung ? Yuk share di komen di bawah ya.. 

Posting Komentar untuk "Memilih Untuk Menjalankan Bisnis Online Dari Kampung"