Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tau Paket Tour Raja Ampat Yang Nggak Buat Kantong Jebol?

Paket Tour Raja Ampat – Halo gengs ngapain sih harus berpergian jauh apalagi sampai ke luar negeri jika Indonesia punya sejuta keindahan yang tersimpan. Bahkan tak kalah indahnya dengan Pulau Maldives yang ada di bagian barat daya Sri Lanka.

Tanpa berpikir lama mari kita lirik Kepulauan Raja Ampat yang mana semenjak awal di eksposnya keindahan alam sampai keindahan bawah laut yang dimiliki pulau ini. Sejak itu juga datang siling berganti wisatawan yang penasaran sisi kemolekannya baik lokal atau mancanegara sekalipun.

Jadi seberapa menariknya sih Pulau Raja Ampat di mata para pengunjung yang ada? Mari langsung saja simak ulasan berikut ini yang akan membahas secara lengkap bahkan sampai mengenai paket tour Raja Ampat yang akan memperlancar liburan sobat.

Sekilas Tentang Kepulauan Raja Ampat


 

Raja Ampat ialah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat dan memiliki luas mencapai 4,6 hektar. Kabupaten satu ini pun ternyata terdiri dari 4 pulau besar dan sebanyak 1.847 pulau kecil lainnya. Untuk 4 pulau besar tersebut diantaranya ada Pulau Salawati, Waigeo, Batanta dan Misool.

Raja Ampat sendiri menjadi pulau yang istimewa dimana letaknya berada di antara wilayah segitiga karang dunia atau populer dengan istilah coral triangel. Sobat pada tau belum apa itu segitiga karang dunia ? Ini adalah lokasi pusatnya keanekaragaman hayati dunia. Pas bangetkan jika berlibur kesini untuk mencoba snorkeling dan diving.

Didapat dari data laporan organisasi sosial lingkungan internasional yakni The Nature Conservancy and Conservation International bahwa ada sebanyak 75% spesies karang di dunia hidup di Pulau Raja Ampat. Bahkan lebih dari itu kekayaan yang di temukan juga beragam spesies yakni 1.318 jenis ikan, 699 jenis molusko dan 537 jenis terumbu karang juga mendiami Kepulauan Raja Ampat.

Pada kebayang nggak sih jika mengambil paket tour Raja Ampat dan merasakan sensasi menyelam serta bertemu beraneka biota laut yang unik.

Lokasi Pulau Raja Ampat

Sobat langsung saja klik lampiran di bawah ini yang akan terhubung ke Google Maps untuk mempermudah pencarian.

Rute Menuju Pulau Raja Ampat

Moda transportasi yang bisa digunakan untuk sampai menuju Pelabuhan Waisai Raja Ampat jika dari Pelabuhan Rakyat Sorot yakni hanya dapat menggunakan Kapal. Sobat pun hanya dapat memilih dua opsi tipe kapal yang akan digunakan yaitu kapal feri cepat dan kapal feri lambat. Yang mana hal ini dapat menyesuaikan budget yang di miliki.

Kapal Feri Cepat

Kalian bisa naik kapal dengan jadwal penyebarangan dari Pelabuhan Sorong menuju Pelabuhan Waisai yang adanya sehari dua kali perjalanan yakni ada di pukul 09.00 WIT dan Pukul 14.00 WIT pada pelayanan hari Senin sampai Jumat. Sedangkan di hari Sabtu kapal berangkat dari Sorong ke Waisai di Jam 9.00 WIT dan 12.00 WIT.

Harga Tiket: mulai dari Rp 130.000 (tergantung pada kelas yang diambil)

Waktu perjalanan dua jam perjalanan laut.

Kapal Feri Lambat

Jika sobat memilih opsi kapal ini yang perlu diketahui mengenai jadwal penyebarangannya masih bersifat tentatif itu artina bisa berubah dan belum pasti.

Harga Tiket : mulai dari Rp 100.000

Waktu perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih empat jam perjalan lalut.

Transportasi Tiba di Raja Ampat

Setiba di kepulauan Raja Ampat, kalian diminta untuk membayar berupa Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) sebesar Rp 500.000 di kantor Kabupaten Raja Ampat.

Setelahnya sobat bisa langsung mengunjung destinasi wisata yang sudah ada. Datang ke Pulau Raja Ampat berarti mengunjungi pulau lain untuk melakukan aktivitas diving atau snorkeling.

Jika sobat berlibur tanpa menggunakan jasa tour maka harus menyewa perahu penduduk asli disana terlebih dahulu agar dapat menjelajahi setiap sisi Pulau Raja Ampat.

Destinasi Kunjungan Pulau di Kepulauan Raja Ampat

Selain empat pulau utama yang telah disebutkan di atas, ternyata para agen jasa tour menawarkan paket tour Raja Ampat ke Pulau lain yakni ada Pulau Piaynemo, Pulau Wayag dan Pulau Misool.

1. Pulau Piaynemo




Paket tour yang ditawarkan pulau ini biasanya paling murah, sebab lokasinya yang dekat dari Pelabuhan Sorong yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Paket Tour: Rp 2.000.000/2 hari 1 malam

2. Pulau Wayag



Kalau Pulau Wayag sangat diminati para wisatawan karena dikenal dengan hiu-hiu yang ada dan jika beruntung akan bertemu langsung yang biasanya ada di bibir pantai tiap paginya.

Paket Tour: 3.000.000/2 hari 1 malam

3. Pulau Misool




Pulau ini cukup jauh dari jangkauan dari Pelabuhan Sorong, tetapi jangan salah ribuan wisatawan mancaneagara datang untuk mencoba spot diving terbaik disini dan bertemu dengan ikan-ikan yang berukuran besar seperti pari manta. Pulau yang di incar pun ada Pulau Jaamred, Misool Eco Resort, dan Kaleidoscope.

Paket Tour: Rp 4.000.000/3 hari 2 malam

4. Pulau Batanta

Pulau Batanta ini cukup wajib kalian kunjungi tidak hanya pantainya yang menawan apalagi datang saat sunset tiba. Lalu ada Air Terjun Batanta yang tak kalah memukau, tetapi sobat harus melewati medan yang cukup ekstrim dengan menyusuri hutan lebat.

5. Pulau Salawati

Pulau Salawati ternyata punya keindahan bawha laut yang sama menawannya dengan Pulau Misool. Areanya pun masih ditumbuhi pepohonan sagu yang lebat. Sampai disana kalian bisa melakukan aktivitas diving dan snorkeling untuk melihat terumbu karang dan biota laut lainnya.

6. Pulau Waigeo

Saat kamu tiba di Pulau Waigeo ini jangan heran jika terlihat berbagai jenis burung seperti Burung Maleo Waigeo hingga Cendrawasih Wilson. Karena Pulau ini tempat habibatnya alami berbagai satwa liar, tetapu soal keindahan bawah laut juga tak kalah epic.

Paket Tour Raja Ampat 3D2N dari Pelabuhan Sorong

a. One day tour

Paket tour ini biasanya yang paling diminati dan terlaris. Apalagi setiap akhir pekan pasti akan ada jadwal keberangkatan dengan menggunakan speedboat.

Harga Paket: kisaran Rp 2.500.000/pax

b. 2 hari 1 malam

Selanjutnya ada paket tour Raja Ampat selama 2 hari 1 malam yang mana dari pelabuhan Soorng sobat akan langsung ke Waisai dengan kapal Ferry dan melanjutkan ke cek in penginapan.

Harga Paket Tour: Rp 3.300.000/pax

c. 3 hari 2 malam

Paket tour ini dimulai dari pelabuhan Sorong yang sudah di lengkapi dengan berbagai fasilitas. Harga Paket: kisaran Rp 3.500.000/pax

d. 4 hari 3 malam

Jika ingin lebih lama di Raja Ampat bisa pilih paket ini untuk menikmati keindahan pulau ini.

Harga Paket Tour: Rp 4.500.000/pax

Jadi itulah sobat Armandolan mengenai informai lengkap dari Paket Tour Raja Ampat beserta gambaran dan tarif sewanya. Kemudian jika di rasa artikel kali ini bermanfaat dan membantu anda.

Adaa baiknya menyebarkan kebaikan demi solusi bagi yang lain untuk menambah pengetahuan. Serta kami juga mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi perbaikan kedepannya. Sobat rasa cukup sekian dan ucapkan terimah kasih.

2 komentar untuk "Cari Tau Paket Tour Raja Ampat Yang Nggak Buat Kantong Jebol?"

Hi, boleh bertukar informasi, maupun masukan di kolom komentar di bawah ini ya, terimakasih.