Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Promosi Bisnis Melalui Sosial Media Untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Promosi Bisnis

Sosial media saat ini kerap menjadi sasaran utama bagi pemilik bisnis dalam mempromosikan penjualannya. Meskipun demikian, tak sedikit juga orang yang tidak memahami cara promosi bisnis melalui sosial media.

Promosi lewat social media ini tentu saja berlaku untuk semua jenis bisnis kuliner, baik yang online ataupun makan di tempat. Jika Anda memang ingin meningkatkan penjualan dengan cara promosi bisnis melalui social media, maka lakukanlah cara-cara dibawah ini.

1. Membuat Tim Pengelola

Tentu saja akan sulit jika Anda berniat mempromosikannya ke social media sendirian. Karena akan ada begitu banyak hal yang harus dibuat. Misalkan saja mulai dari memikirkan ide konten, membuat konten, memposting, bahkan sampai membalas komentar dan pesan pelanggan.

Oleh sebab itu, agar Anda tidak perlu repot-repot dan juga dimudahkan, maka disarankan untuk membuat tim kecil khusus untuk mengelola social media ini. Paling minimal Anda harus punya model, kamerawan, dan admin social media.

2. Arahkan Tujuan Promosi

Agar konten Anda lebih terarah saat diposting ke social media, maka tentukanlah tujuan jelas dari promosi ini. Misalkan saja ingin meningkatkan penjualan, leads, brand awareness, atau engagements.

Dari semua tujuan tersebut, pastikan sudah Anda rancang dengan jelas langkah-langkah dalam menjalankannya. Jangan sampai Anda berhenti di tengah jalan dan memutuskan untuk memulai tujuan yang lain.

Kemudian usahakan juga untuk melakukan evaluasi untuk tim social media marketing Anda. Sehingga selalu ada pembaruan setiap minggunya. Anda bisa lakukan evaluasi ini minimal dua kali dalam sebulan.

3. Buat Perencanaan Konten

Supaya pelanggan tertarik melihat profil social media bisnis Anda. Maka aturlah sedemikian rupa dan semenarik mungkin, usahakan juga semua konten didokumentasikan dengan sangat baik.

Jika perlu Anda harus buat jadwal postingan, misalkan tetapkan jam-jam tertentu. Anda juga bisa pilih jam dimana orang akan lebih banyak mengakses social medianya. 

Untuk membuat jadwal itu sendiri, Anda bisa memanfaatkan Google Calendar ataupun tools digital marketing yang lainnya.

4. Selalu Berikan Respon Komentar

Hal ini memang tidak banyak dilakukan oleh pemilik bisnis, sebab dianggap membuang-buang waktu. Padahal hal inilah yang bisa membuat pelanggan Anda menjadi tertarik. Karena jika Anda sangat responsive tentu mereka akan ingin tahu lebih banyak tentang bisnis yang sedang dijalani.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu respon komentar pengikut social media bisnis Anda. Ini juga merupakan bentuk interaksi Anda dengan pelanggan secara online. Nantinya engagements juga perlahan akan membantu mengekspos profil bisnis Anda ke target pasar yang lebih potensial.

5. Beriklan di Sosial Media

Agar meningkatkan traffic penjualan Anda, maka juga diperlukan iklan ke sosial media. Meskipun agak sedikit mahal, namun tentunya cara ini sudah banyak dirasakan keuntungannya oleh berbagai pemilik bisnis. Anda bisa beriklan lewat Facebook Ads, Instagram Ads, atau lainnya.

6. Monitoring Sosial Media

Anda bisa lakukan pemantauan lewat jumlah followers, like, comment, konten popular, hingga engagements nya. Agar tak menghabiskan waktu, mintalah tim marketing social media untuk memberikan hasil evaluasinya pada Anda.

Itulah cara promosi bisnis melalui social media agar bisa meningkatkan trafik penjualan Anda baik secara online maupun offline. Agar tidak terlalu merepotkan Anda, maka jangan lupa juga untuk membuat tim social media marketing sehingga promosi bisnis akan lebih maksimal.

Posting Komentar untuk "6 Cara Promosi Bisnis Melalui Sosial Media Untuk Meningkatkan Penjualan"