Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tagihan PDAM Bengkak Jadi Mahal ? Ini Yang Perlu Kamu Lakukan

Air bersih jadi kebutuhan sehari-hari baik orang kota maupun di desa, maka salah satu perusahaan yang menyediakan air bersih milik pemerintah adalah PDAM. Pdam sudah menyasar baik ke Perkantoran maupun ke perumahan bahkan ke perorangan juga. Namun jika kamu menggunakan layanan pdam tentu kamu akan dikenakan biaya bulanan yang harus kamu bayar sesuai pemakaian kamu.

Lalu tiba-tiba di tengah jalan tagihan membengkak jadi mahal ?

Kaget, pucet, lemas..

Tak perlu risau.. kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui pembengkakan tagihan tersebut.

tagihan pdam membengkak

Penyebab Yang Membuat Tagihan PDAM Membengkak

Sebelumnya kamu harus tau dulu nih penyebabnya apa. Dari pengalaman, pembengkakan disebabkan oleh hal di bawah ini.

Karena Kelalaian Pemakaian

Pertama, cek apakah ada kesalahan kamu yang lupa menutup keran sehingga air menyala berhari-hari. Bisa saja misal saat kamu pergi dan keran menyala terus ini bisa juga membuat tagihanmu membengkak.

Karena Kesalahan Pencatatan Angka Meter Oleh Petugas PDAM

Kedua, jika tidak ada keteledoran, sekarang kamu catat atau foto angka meteran terakhir, kemudian datanglah ke kantor PDAM terdekat. Sampaikan keluhan kamu. Di sini biasanya akan di cek pencocokan angka meterannya, jika ada kekeliruan dari petugas pdam maka akan disesuaikan dengan angka meteran terakhir, jika sudah sesuai maka lanjut ke pengecekan tahap 3 di bawah ini.

Pengecekan Kebocoran

Setelah sebelumnya dibuatkan laporan, petugas pdam akan menghubungi kamu untuk mengecek apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ada kebocoran maka akan di cek dan dibetulkan sama petugas pdam, jika tidak ada bocor maka lanjut ke tahap berikutnya.

Pengecekan Tera Meter

Pamungkas dari kemungkinan penyebab pembengkakan tagihan adalah dari kerusakan meteran, jadi di proses ini. Tera meter pdam akan dibongkar dan diganti dengan meteran sementara. Dan kita akan diundang untuk menyaksikan proses pengecekan, apakah rusak atau tidak.

Jika rusak, maka tagihan akan disesuaikan dengan rata-rata tagihan 3 bulan terakhir. Jika semuanya sudah di cek dan tidak ada kerusakan maka mau gak mau kamu harus bayar tagihan sesuai dengan nominal yang tertagih.

Solusi dari PDAM Saat Kamu Harus Bayar Tagihan Yang Mahal

Nah, saat kamu harus bayar tagihan yang bengkak, kamu bisa mengajukan keringanan dengan program cicilan. jadi dari total tagihan tersebut bisa di cicil kok. Jadi gak terlalu berat. Caranya kamu buat surat pengajuan ke kantor pdam nanti disesuaikan tagihan bulanan ditambah cicilan.

Itulah informasi yang bisa kusampaikan saat mengurus tagihan kantor yang bengkak sebelum akhirnya harus bisnis dari rumah karena kantornya tutup.  dan memilih bisnis online dari kampung

Posting Komentar untuk "Tagihan PDAM Bengkak Jadi Mahal ? Ini Yang Perlu Kamu Lakukan"