Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Produk Laris? Desain Produk Bisnis Anda dengan Cara Ini

Desain Produk Bisnis


Adapun tahapan bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu bagian desain produk bisnis. Langkah ini menjadi aspek penting karena menentukan perjalanan bisnis Anda. Apalagi untuk Anda yang berbinis kuliner, mulai dari pemilihan bahan bakunya, harga pokok jual, kualitas serta rasa, kemasan dan kualitas produk, dan masih banyak lagi,

Desain produk ini bukan semata-mata hanya berkaitan dari produk luar atau kemasannya saja. Tapi juga lebih ke produk di dalamnya. Soal produk kuliner, pastinya Anda punya resep masing-masing yang mungkin merupakan turun temurun dari para leluhur.

Selain itu, Anda juga bisa berkreasi untuk membuat resep kuliner yang unik dan kekinian. Maka dari itu, untuk masalah desain produk bisnis memang tergantung dari Anda pribad. Akan tetapi, kami punya cara efektif agar produk Anda bisa menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal.

1. Catat semua bahan yang dipakai untuk produk

Agar Anda dimudahkan saat memperhitungkan harga pokok penjualan, maka sebaiknya harus mencatat semua bahan serta proporsi yang digunakan untuk membuat produk. Selain itu, ini juga akan mempermudah Anda dalam membuat standar operational procedure (SOP).

2. Buatlah sampel produk untuk beberapa varian

Apabila Anda hendak menjajakan beberapa varian, maka untuk menentukan satu varian yang pas dan memang paling enak untuk dijual harus mencobakan beberapa resep sehingga didapatkan satu pilihan.

Anda juga bisa meminta pendapat orang-orang yang memang akan jadi target pasar nantinya. Diharapkan nanti Anda juga bisa menerima sekaligus mempertimbangkan saran yang diajukan sehingga didapatkanlah satu produk yang memang sesuai dengan keinginan target pasar.

3. Tentukan porsi yang ingin dijual di setiap produk

Agar Anda tidak merasa rugi, maka menetapkan porsi setiap produk adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menghitung besaran keuntungan yang didapat lalu dibandingkan dengan harga pokok penjualan.

4. Pikirkan pilihan kemasan yang bagus

Kini banyak sekali inspirasi kemasan produk kuliner yang sangat menarik dan juga unik. Misalkan ada yang berbentuk plsatik mika, gelas plastik, mangkuk kertas, dan lain sebagainya.

Anda pun juga bisa cari di berbagai media sosial dan yootube tentang pilihan kemasan yang pas untuk produk unggulan Anda ini. Kemasan yang menarik pastinya punya keunggulan tersendiri untuk membawa pelanggan ke toko Anda.

5. Tentukan desain kemasan yang menarik

Selanjutnya setelah Anda memutusakan untuk memilih kemasan yang memang cocok. Maka, desain visual saja tidak cukup untuk membuat produk Anda lebih dilirik oleh si target pasar tadi.

Sehingga kalian harus berpikir secara out of the box agar bisa menarik hati pelanggan lagi. Salah satunya yaitu menambahkan desain kemasan. Jika Anda memang belum ahli soal desain-mendesain, maka bisa menggunakan jasa murah yang sangat banyak ditawarkan di media sosial.

Berikanlah ciri khas dari produk Anda saat dituangkan ke dalam desain tersebut. Sehingga disamping produk Anda yang memang laris manis sebanrnya ada ciri khas yang tidak dimiliki oleh penjual pada umumnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya desain produk bisnis dan cara menjalankannnya. Anda juga harus ingat, jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran mulai dair bahan produk, harga kemasan, sampai ke desain kemasan tadi. Sehingga bisa diapatkan modal yang telah dikeluarkan untuk setiap produk yang telah berhasil terjual.

Posting Komentar untuk "Ingin Produk Laris? Desain Produk Bisnis Anda dengan Cara Ini"