Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Sumber Air Panas Sukasirna Kec. Leles Cianjur Selatan

Lagi !! Cianjur Selatan punya aset wisata alam yang masih alami. Belum terjamah orang kota. Saat aku kemarin kesana, masih dalam tahap renovasi yang mana pengelolaan wisata ini dikelola oleh Bumdes setempat.

Nama tempat wisata ini adalah Sumber Air Panas Sukasirna Kec. Leles Cianjur Selatan. Sayangnya kesana pas Ramadhan, jadi gak bisa berendam dan sedang dalam tahap renovasi.

Tentang Sumber Air Panas Sukasirna

Air panas ini muncul persis di tebing, jadi alirannya menjadikan air panas ini jadi air terjun juga. Dan konon airnya dari sejak zaman dahulu sudah ada. Dahulu lokasi ini masih dikelilingi hutan dan pepohonan besar, tapi pas kemarin kesana sudah dipugar dikelola menjadi tempat wisata.

Kebetulan saya tidak mendapatkan penjelasan ilmiah dari munculnya sumber air panas ini. Jadi mending kita nikmati saja keajaiban dari Allah yang muncul di Kecamatan Leles ini.

Sumber Air Panas Sukasirna

Lokasi dan Rute Sumber Air Panas Sukasirna

Sumber air panas Sukasarina berlokasi di Desa Sukasirna Kecamatan Leles Cianjur Selatan. Akses jalan dari Cianjur kota sampai Leles lumayan bagus, paling sekitar 8 km menuju Sumber Air Panas nya yang masih jelek. 

Untuk rute terbaik dari Cianjur Kota bisa ambil terus arah Cianjur Selatan melewati Tanggeung, belok kanan pas patrol yang ada pom bensin pas perbatasan Tanggeung dan Cibinong. Di perjalanan kamu bisa mampir foto sebentar di Gunung Bengbreng dan Gunung Sawo.

Dari Cianjur selatan, bisa melewati arah yang sama belok dari Patrol atau lewat Agrabinta.

Fasilitas Sumber Air Panas Sukasirna

Karena masih dalam tahap renovasi yang saya lihat kemarin fasilitasnya baru ada berikut ini :
  • Gazeboh (Bayar sewa Rp. 10.000)
  • Toilet
  • Kolam Rendam Kaki
  • Kolam Berendam
Baca Juga : Tempat Wisata di Cianjur Terupdate Lainnya

Karcis dan Biaya Masuk Kawasan

Seperti biasa untuk pengelolaan kawasan, tentunya dikenakan biaya masuk dan parkir. Kebetulan kemarin pas saya kesana mungkin karena bulan Ramadhan, jadi gak ada yang jaga. Namun menurut infi biaya masuknya adalah berikut ini
  • Biaya masuk Rp. 5.000/Orang
  • Biaya parkir Rp. 2.000/motor

Jam Terbaik Berkunjung

Untuk mengunjungi tempat ini, enaknya kamu berkunjung pagi hari atau sore hari biar pas lagi adem-adem nya, kamu berendam atau mandi disini biar berasa rileks.

Sumber Air Panas Sukasirna




9 komentar untuk "Wisata Sumber Air Panas Sukasirna Kec. Leles Cianjur Selatan"

  1. Wahh destinasi air panas ini bisa jadi tempat rekreasi dan refleksi kak. Kalau di daerah aku, destinasi air panas buat alternatif pengobatan kak, nah kalau yg mereka dtg dari luar daerah Pasti nginap rest area.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah betul, wisata air panas identik dengan pengobatan. Di aku juga sama kak. Namun tempat ini belum banyak yang tau sepertinya jadi masih kosong melompong

      Hapus
  2. Dulu planning ke Cianjur tapi gagal.. masukin Sumber Air Panas Sukasirna ini ke destination list ah, kangen ke wisata alam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooo.. jelajahi Cianjur Selatan kak, banyak spot kece yang belum terjamah.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Siap, Kak. Sama-sama. Kalo ke Cianjur selatan, jangan lupa ke tempat ini yahh...

      Hapus
  4. Wah harus diagendakan ke sana setelah bulan ramadhan nih. Biar bisa menikmati berendam 😆.

    Mungkin memang sengaja direnovasinya pas Ramadhan kali ya, Mas. Mumpung jarang yang bisa berendam. Jadi pas Ramadhan usai, orang-orang udah bisa nyaman menikmati hangatnya air di sumber air ini. 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, itu infonya. Ngejar musim libur lebaran.

      Hapus
  5. Terimakasih atas kunjungan nya kami harap saran masukan nya kareuna kami baru gali potensi destinasi wisata air panas ini yang memiliki 7 mata air panas yang menurut para pendahulu memiliki mitos untuk berbagi penyembuhan... Berbagai penyakit dan keinginan,

    BalasHapus

Hi, boleh bertukar informasi, maupun masukan di kolom komentar di bawah ini ya, terimakasih.