Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempertahankan Bisnis Ketika Sedang Merosot / Jatuh

Kebetulan saya pernah mengalami ini. Dimana bisnis saya jatuh bahkan minus. Kamu bisa belajar dari kesalahan yang aku lakukan ya.

Berikut ini adalah kesalahan yang aku lakukan yang jangan sampe kamu juga terjebak di kondisi yang sama.

Jangan berhutang ke Bank atau Lembaga keuangan yang bunganya tidak wajar. Bahkan hindari sebisa mungkin.


Ini kesalahanku yang pertama, di saat kondisi keuangan minus. Aku malah lari ke perbankan dan home credit. Jelas ini menjebak, disaat usaha masih merangkak, aku harus terjerembab dengan cicilan bulanan yang terus menggerogoti kondisi usaha dan juga pikiran. Belum lagi nih, bunga home credit yang sampai 100% dari pinjamanku yang semakin mendesak.

Akibat ini, pikiranku bukan lagi fokus ke kemajuan usaha dan strategi apa. Malah fokus ke apa yang harus dilakuin buat nutupin cicilan bulanan yang harus dibayar.

Telat bayar sedikit, aku diberedel sama telpon yang gak ada henti-hentinya sepanjang hari.

Akibatnya, jalan pintas adalah dengan mencari pinjaman untuk menutup pinjaman lainnya. Yang ada gulungan utang semakin menggunung dan pusing.

Solusi ini, saranku. Kamu jual aset-aset yang ada. Maksimalkan apa yang kamu punya untuk kembali bangkit.

Restart kembali dari nol, Fokus ke goal, Kembangin bisnis, Jangan terburu-buru, Nikmati prosesnya, Pilih apa saja yang penting dan tidak penting.

Restart kembali ke nol lebih baik, jual aset bisnis yang ada, dan kembangin lagi pelan-pelan. Belajarlah dari kesalahan.

Kamu juga perlu menyesuaikan gaya hidup juga pastinya. Dari mungkin yang sebelumnya biasa makan ayam setiap hari, sekarang bersabarlah dengan makan tahu setiap hari.

Dari perjuangan itu, nikmati prosesnya.. jangan terlalu banyak mengeluh ke siapapun. Minta sama Allah dan bersabarlah.

Kemudian, kelola semua keperluan dengan mengelompokkan penting mendesak dan penting tidak mendesak untuk mengukur skala prioritas kebutuhan.

Selebihnya, jangan memutus silaturahmi dengan Temanmu, Keluargamu

Ini kesalahanku lainnya, aku merasa terlalu frustasi sama apa saja yang terjadi padaku, sampai akhirnya aku mengurung diri dan menjauh dari lingkungan sosial. Ternyata tidak membuahkan solusi apa-apa.

Berbeda ketika aku masih berkabar dengan teman, keluarga.

Sedikit banyak rejeki mengalir dari mereka, dan silaturahim yang aku lakukan.

Tetaplah Bersedekah

Iya, meski sedang merosot dan jatuh. Tetaplah bersedekah, meski tidak seberapa. Jikapun memang kamu tidak memiliki harta untuk bersedekah maka sedekahlah dengan ilmu pengetahuanmu. Bismillah, do point ini aku mengadakan program Belajar Komputer dan Internet Gratis di Cianjur untuk masyarakat di kampungku. Mohon doanya ya.. 

Baca Buku dan Tonton Video Yang Bisa Memotivasimu Untuk Bangkit Kembali

Yes, tonton video dan baca buku-buku motivasi yang bisa menggugah kembali. Bisa juga kisah-kisah sukses dari orang lain. Dari sini kamu bakal mikir, wah ternyata banyak orang yang nasibnya sama dengan kamu. Dan mereka bisa bangkit bahkan terbang tinggi.

Aku coba lampirin video yang sedikit menggugah semangatku untuk kembali bangkit.




Posting Komentar untuk "Cara Mempertahankan Bisnis Ketika Sedang Merosot / Jatuh"