Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Tempat Wisata Terupdate di Mangunan Jogjakarta

Tempat wisata di Mangunan Yogyakarta - Kawasan mangunan memiliki daya tarik tersendiri untuk menjadi pilihan utama wisata ketika berkunjung ke Yogyakarta. Kawasan perbukitan dipenuhi oleh hutan-hutan yang masih terjaga. Jika kita mendengar kawasan Mangunan,hal yang terpikirkan oleh kita adalah hutan pinus Mangunan dan taman buah Mangunan, padahal dibalik itu, kawasan Mangunan menyimpan banyak keindahan pemandangan alam yang membekas ketika mengunjungi nya. Setiap waktu, ketika waktu matahari terbit dan waktu matahari terbenam memberikan keindahan tersendiri yang ditawarkan oleh keindahan alam kawasan Mangunan.

1. Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata di Mangunan Jogjakarta
via explorewisata.com

Hutan Pinus Mangunan terletak di desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, bagi kamu berangkat dari arah kota Jogja, maka bisa mengambil jalan Imogiri Timur menuju arah komplek makam raja-raja Mataram, dan hutan Pinus Mangunan tidak jauh dari situ. Di Hutan pinus ini kamu bisa menikmati sejuknya udara hutan pinus serta kabut nya ketika pagi hari dan tidak akan merasakan panas di siang hari karena rindangnya hutan Pinus itu sendiri. Lokasi hutan Pinus Mangunan menjadi spot favorit untuk berswafoto bahkan untuk melakukan prewedding. Tak hanya itu, berbagai acara kesenian hingga konser musik pernah diadakan di Hutan Pinus Mangunan untuk menambah daya tarik pengunjung.

Jam operasional: 06:00-17:30 WIB
Harga tiket : gratis

2. Kebun Buah Mangunan

tempat wisata di Mangunan Jogjakarta
via bobo.grid.id

Lokasi kebun buah Mangunan masih berdekatan dengan hutan pinus Mangunan, lokasinya yang berada di ketinggian 200 mdpl membuat udara di kebun buah mangunan sangat sejuk. Jika kamu mengunjungi kebun buah mangunan di pagi hari sebelum jam 06:00 wib maka kamu akan mendapatkan momen awan-awan putih dan kabut masih menutupi lembah dan aliran sungai Oya, momen tersebut yang membuat kebun buah Mangunan sering mendapat julukan negeri di atas awan. Seiring matahari semakin tinggi, maka gumpalan awan-awan putih dan kabut perlahan menghilang, berganti pemandangan kali Oya yang meliuk dan memanjang serta keindahan pemandangan hamparan lembah hijau. Kebun buah Mangunan sangat cocok menjadi destinasi bagi kamu yang ingin berburu indahnya sunrise dan sunset karena dua momen tersebut dapat kita temui di sana. Kebun buah Mangunan memiliki luas 23 hektar dengan koleksi tanaman buah berbagai jenis seperti mangga, matoa, jambu air, durian, sawo dan tanaman buah lainnya.

Jam operasional : 04:30 - 18:00 WIB
Harga tiket : Rp. 5.000,00

3. Seribu Batu Songgo Langit

tempat wisata terupdate di mangunan yogyakarta
via tribunnews.com

Seribu Batu Songgo Langit sebenarnya tidak jauh beda dengan hutan pinus Mangunan, terletak di dusun Sukarame, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantul. Kawasan Seribu Batu Songgo Langit menawarkan spot-spot berswafoto berkonsep ranting kayu yang dibentuk menarik salah satunya rumah-rumahan yang terbuat dari ranting dan bambu, kawasan Seribu Batu Songgo Langit di penuhi oleh pohon-pohon rindang yang menambah kesejukan ketika berkunjung, dan banyak nya bebatuan besar yang menambah keindahan kawasan Seribu Batu Songgo Langit. Selain itu terdapat wahana flying fox bagi kamu yang menyukai wahana menantang adrenalin.

Jam operasional: 07:00-17:30 WIB
Harga tiket : Rp.2.500,00, Rp. 15.000,00 (wahana Flying fox)

4. Pinus Pengger

tempat wisata mangunan yogyakarta
via liputan6.com

Pinus Pengger terletak di jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo,kecamatan Dlingo, Bantul. Sama seperti hutan pinus lainnya di wilayah Bantul, dengan kerapatan pohon-pohon pinus yang membuat rindang, dan kesejukan hutan pinus yang membuat betah para pengunjung. Salah satu daya tarik di hutan Pinus Pengger adalah banyaknya instalasi seni berbahan kayu kering yang telah terpasang di kawasan hutan pinus Pengger. Instalasi seni berbahan kayu tersebut berbentuk berbagai macam, seperti gapura setengah lingkaran, tangan raksasa, dan bentuk lainnya. Untuk menikmati suasana hutan pinus Pengger, kamu bisa menyewa hammock yang terpasang antar pohon pinus. Keunikan yang ada di pinus Pengger terjadi di malam hari, dimana kamu bisa berswafoto di salah satu instalasi seni berbahan kayu dengan latar belakang gemerlap nya kota bantul dan kota jogja.

Jam operasional : 06:00-00:00 WIB
Harga tiket: Rp.3.000,00

5. Rumah Hobbit Mangunan

tempat wisata di mangunan
via happytour.id

Rumah Hobbit Mangunan terletak menjadi satu kawasan bersama Seribu Batu Songgo Langit. Rumah yang terbuat dari kayu dan bebatuan kecil ini dibuat menyerupai rumah Hobbit dan menjadi spot melakukan swafoto paling ramai oleh pengunjung.

Jam operasional : 07:00 - 17:30 WIB
Harga tiket: Rp.2.500,00

6. Gardu Pandang Pinus Asri

tempat wisata di mangunan yogyakarta
via datawisata.com

Gardu Pandang Pinus Asri terletak di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem atau yang terkenal dengan nama hutan pinus mangunan, yang menawarkan suasana dan keindahan hijau nya pemandangan imogiri. Kamu akan menemui sebuah deck luas terbuat kayu sebagai gardu pandang. Dengan deck yang luas, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan hamparan hijau yang luas dengan aman

Jam operasional : 06:00 - 17:30 WIB

7. Goa Gajah

Wisata mangunan jogjakarta
via antarejatour.com

Keindahan kawasan Mangunan tidak hanya tentang hutan pinus nya, akan tetapi terdapat Goa yang menyembunyi kan keindahannya jika kita masuk ke dalam goa tersebut. yang Letak Goa Gajah, berada di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, goa Gajah ini karena terdapat batu besar yang menyerupai gajah di dalam gua tersebut. Selama menjelajahi kedalam, kamu akan menjumpai stalaktit dan stalakmit yang masih terjaga di dalam goa Gajah. Selain itu, jika kamu berkunjung di atas jam 12 siang, kamu akan menjumpai sinar matahari yang turun ke dalam goa melalui atas goa yang telah hilang.

Jam operasional : 07:00-16:00 WIB

8. Watu Ngadek

tempat wisata mangunan
via alodiatour.com

Letak Watu Ngadek masih menjadi satu kawasan dengan wisata hutan pinus pengger, dusun Sendangsari, Desa terong, Kecamatan Dlingo, Bantul. Watu Ngadek adalah salah satu spot berbentuk batu besar dan kuat yang berdiri, spot ini untuk gardu pandang dan spot untuk berswafoto bagi pengunjung. Bagi kamu yang mengunjungi di malam hari, maka kamu akan mendapatkan pemandangan indahnya gemerlap lampu-lampu wilayah Bantul.

Jam operasional: 06:00 - 00:00 WIB
Harga tiket : Rp.3.000,00

9. Watu Goyang

Tempat wisata mangunan
via travel.kompas.com

Kawasan Watu Goyang terletak di padukuhan Cempluk, Dusun Mangunan, Bantul, kawasan Watu Goyang berupa perbukitan dan terdapat beberapa spot gardu pandang. Alasan pemberian nama Watu Goyang karena terdapat batu besar yang ada di ketika disentuh dan di dorong akan bergoyang, akan tetapi batu besar tersebut tidak pernah terjatuh. Kawasan Watu Goyang memiliki berbagai gardu pandang yang unik untuk berswafoto, serta terdapat kebun bunga sehingga menambah keindahan kawasan Watu Goyang. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Watu Goyang adalah di sore hari, karena kamu akan mendapatkan momen matahari tenggelam memancarkan warna jingga.

Jam operasional :
Harga tiket: gratis

10. Bukit Lintang Sewu

Wisata Mangunan Jogjakarta
via dekatour.com

Kawasan Bukit Lintang Sewu terletak di Dusun Karangasem, Kelurahan Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Bukit Lintang Sewu menawarkan pemandangan bukit di atas ketinggian 345 mdpl dengan rindangnya pepohonan pinus dan pohon kayu putih membuat sejuknya kawasan Bukit Lintang Sewu. Kawasan Bukit Lintang Sewu juga menawarkan berbagai gardu pandang dengan konsep kreatif dan bentuk yang unik untuk berswafoto. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan Bukit lintang Sewu pada sore hari untuk mendapatkan momen sunset hingga malam hari, kamu akan mendapatkan momen gemerlap nya lampu-lampu kota di Yogyakarta. Selain itu, di kawasan Bukit Lintang Sewu terdapat wahana Glamping, kamu bisa merasakan sensasi camping dengan fasilitas lengkap di Bukit Lintang Sewu.

Jam Operasional: 04:30-22:00 WIB
Harga tiket: Rp. 2.500,00, Rp. 200.000,00 untuk Glamping permalam

11. Bukit Panguk Kediwung

wisata mangunan yogyakarta
via wisataoke.com

Bukit Panguk Kediwung terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, lokasinya sangat dengan kawasan kebun buah Mangunan. Bukit Panguk Kediwung menawarkan beberapa gardu pandang dengan konsep unik untuk menikmati suasana dan momen sunrise dan kabut di pagi hari yang masih menyelimuti Bukit Panguk Kediwung. Setiap gardu pandang yang digunakan untuk spot berswafoto, pihak pengelola membatasi maksimal 3 orang untuk melakukan swafoto di spot tersebut.

Jam operasional : 05:00-18:00 WIB
Harga tiket: 
  • Rp. 2.500
  • Rp. 3.000 untuk setiap fasilitas spot foto

12. Bukit Mojo Gumelem

tempat wisata di mangunan
via explorewisata.com

Lokasi Bukit Mojo Gumelem berada di Dusun Kediwung, Kecamatan Dlingo, Bantul, letaknya masih menjadi satu kawasan dengan Bukit Panguk Kediwung. Kawasan Bukit Mojo Gumelem menawarkan keindahan pemandangan dari atas bukit dengan latar belakang sungai Oya yang berada di bawah bukit. Waktu pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Bukit Mojo Gumelem, karena sunrise dan kabut pagi hari yang menyelimuti kawasan perbukitan dan menutupi aliran sungai Oya. kawasan Bukit Mojo Gumelem menawarkan berbagai spot gardu pandang yang unik yang bisa dinikmati dan melakukan swafoto bersama.

Jam operasional:
Harga tiket: Rp. 3.000,00 untuk spot berswafoto di gardu pandang.

13. Tebing Watu Mabur

tempat wisata di mangunan
via viva.co.id

Tebing Watu Mabur berada di kawasan goa gajah yang berada di Dusun Lemahbang, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kawasan Tebing Watu Mabur pada awal merupakan kawasan bumi perkemahan dan hingga sekarang masih digunakan untuk kegiatan perkemahan. Seperti halnya kawasan wisata di Mangunan menawarkan keindahan perbukitan, menikmati sunrise dan sunset, Tebing Watu Mabur juga tak kalah indah untuk kamu kunjungi, khusus nya di waktu pagi hari, sebelum matahari terbit dan ketika matahari terbit, kamu akan disuguhkan keindahan gumpalan awan putih yang menutupi perbukitan, kita seakan berada di atas awan, ditambah udara yang sejuk dan dingin membuat kamu akan terasa lebih nyaman. Di kawasan Tebing Watu Mabur terdapat berbagai spot-spot gardu pandang berkonsep unik untuk melakukan berswafoto

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket : Rp.2.000,00

14. Puncak Becici


Puncak Becici atau Puncak Pinus Becici berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Puncak Becici berada di kawasan Hutan Pinus yang membuat udara di sekitar sangat sejuk, hingga kamu mencapat kawasan puncak yang akan kamu temui hamparan perbukitan hijau yang membentang dan terdapat beberapa gardu pandang terpasang di beberapa pohon yang dapat kamu gunakan untuk melakukan berswafoto. Waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Becici adalah ketika menjelang matahari tenggelam, kamu akan menemui warna jingga yang menghiasi langit sore wilayah Dlingo.

Jam operasional: 24 jam
Harga tiket : gratis

15. Air Terjun Randusari

wisata kawasan mangunan jogjakarta
via raskita.com

Air Terjun Randusari berada di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Bantul. Kawasan Air Terjun Randusari yang dikelilingi oleh pohon Randu membuat suasana sejuk ditambah air terjun yang membuat suasana semakin asri. Terdapat beberapa gazebo di sekitar air terjun untuk dijadikan tempat anda untuk beristirahat menikmati keindahan air terjun Randusari, selain itu, keindahan yang kamu dapatkan adalah bentuk air terjun Randusari yang membentuk dua air terjun kembar yang jatuh dari atas ketinggian 12 meter, dan terdapat kolam buatan yang berada dibawah air terjun Randusari, kamu bisa menggunakan kolam tersebut untuk beraktivitas berenang dan bermain air.

Jam operasional: 08:00-17:00 WIB

16. Grojogan Lepo Dlingo

wisata mangunan yogyakarta
via yogyes.com

Grojogan Lepo Dlingo berada di Dusun Pokoh, Kecamatan Dlingo, Bantul. Grojogan Lepo Dlingo adalah air terjun yang bertingkat dalam satu aliran sungai yang memanjang. Grojogan yang pertama adalah grojogan paling bawah dengan tinggi sekitar satu meter dan terdapat kolam dengan kedalaman sekitar 1 meter yang menampung jatuhnya air dari grojogan. Grojogan kedua tepat berada di atas grojogan pertama, dengan tinggi grojogan sekitar 10 meter, menjadi tempat air terjun yang sangat digemari oleh pengunjung karena keindahan bentuk air terjunnya, dan terdapat kolam yang sengaja dibendung oleh pihak pengelola. Grojogan ketiga hampir sama dengan grojogan kedua dengan adanya kolam di bawah grojogan. Bagi kamu yang ingin berenang di kolam dengan suasana alami, maka grojogan Lepo Dlingo menjadi pilihan tepat, karena tersedia kolam dengan air yang jernih dan mengalir sepanjang sungai.

Jam operasional : 08:00 - 17:00 WIB
Harga tiket : Rp. 5.000,00

Itulah deretan lokasi wisata di kawasan mangunan yang merupakan salah satu sudut tempat wisata di jogjakarta yang bisa menjadi opsi untuk destinasi liburanmu.

Posting Komentar untuk "16 Tempat Wisata Terupdate di Mangunan Jogjakarta"