Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentukan Produk Bisnis yang Cocok dengan Cara Ini, Pasti Langsung Laris Manis

Bisnis Yang Cocok

Dengan adanya media internet seperti sekarang ini, tentunya tidak akan terlalu direpotkan saat mencari produk bisnis yang cocok. Kemudian kesempatan sukses pun menjadi lebih besar. Melihat semakin banyaknya orang yang memulai bisnis saat ini baik itu jualan produk fisik ataupun online pastinya membuat Anda juga semakin terpacu, bukan?

Jika Anda memang tertarik untuk meraih keuntungan dalam penjualan ini, maka Anda harus bisa menentukan produk bisnis yang cocok. Sehingga penjualan Anda akan lebih terarah dan juga sistematis. Berikut caranya.

1. Menentukan peran diri sebagai penjual

Adapun langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menentukan peran Anda dalam bisnis yang sedang dijalani. Apakah Anda adalah produsen atau hanya penjual saja? Kedua peran ini tentunya punya keunggulan serta kelemahan masih-masing.

Untuk itu, Anda bisa tetap peran tersebut dulu dengan menentukan produk ingin dijual. Jika Anda penjual artinya harus bisa memilih supplier yang mempunyai kredibilitas baik. Namun jika ingin punya produk sendiri, usahakan tidak sama dengan orang lain. Jika perlu buatlah sesuatu hal yang baru.

2. Memilih jenis produk yang ingin dijual

Anda bisa melihat beberapa macam produk yang bisa dijual. Misalkan seperti produk tren, kebutuhan umum, hobi atau malah yang musiman. Seperti yang diketahui masyarakat Indonesia sangat gemar akan hal-hal baru atau tren dan mereka akan cenderung untuk berbondong-bondong mengikuti tren.

Produk kebutuhan umum misalkan seperti sandang dan pangan. Produk ini akan lebih dibutuhkan untuk keseharian pelanggan. Ini juga termasuk produk yang sangat menjanjikan karena mereka akan butuh produk ini setiap hari.

Sementara untuk produk hobi, maka hanya orang yang gemar akan produk yang Anda jual saja. Persaingannya juga tidak terlalu ketat. Anda juga bisa menjual produk yang juga Anda sukai sehingga sedikit banyaknya Anda akan lebih tahu detail.

Sedangkan produk musiman tidak selalu dibutuhkan orang setiap hari. Misalkan saja seperti musim hujan, maka orang akan membutuhkan jas hujan. Namun jika tidak, maka orang juga tidak akan membelinya.

3. Perhatikan lingkungan sekitar

Agar pilihan Anda tidak salah, maka lihatlah ke lingkungan bisnis yang ada di sekitar Anda. Lalu penting juga melihat kebutuhan apa yang dimiliki dari orang sekitar bisnis Anda. Sehingga kebutuhan mereka itulah yang bisa Anda hadirkan dan jadikan peluang.

4. Memiliki produk yang unik

Meskipun produk yang Anda jual hampir sama atau malah mirip dengan orang lain, tetaplah menemukan keunikan tersendiri untuk ditonjolkan pada pelanggan. Bisa jadi Anda otak-atik dari segi branding, kemasan unik, atau membuat gerakan sosial misalkan seperti beramal yang dihitung berdasarkan produk terjual.

5. Mencoba untuk berkreasi dan inovasi

Banyaknya pebisnis baru yang muncul mungkin akan membuat Anda sedikit khawatir karena merasa terancam. Apalgi produk yang dijual mereka tak kalh unik. Untuk itu, Anda juga bisa ciptakan produk menarik yang memunculkan inovasi-inovasi baru.

Apalagi jika produk Anda ini produk trend atau musiman. Sehingga akan lebih mudah lagi dalam mencari pelanggan dan menyesuaikan dengan kebutuhan orang saat itu.

Itulah cara menentukan produk bisnis yang cocok. Setelah menemukan produk, Anda juga jangan gampang puas. Karena kepuasan hanya akan membuat Anda untuk berhenti mengembangkan produk bisnis tersebut. Lakukanlah evaluasi produk secara rutin untuk meningkatkan traffic penjualan.

Posting Komentar untuk "Tentukan Produk Bisnis yang Cocok dengan Cara Ini, Pasti Langsung Laris Manis"