Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 73 Tempat Wisata di Gunung Kidul, Lengkap Beserta Harga Tiket Masuknya

Tempat Wisata di Gunung Kidul Yogyakarta - Kawasan Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata di DIY. Berbeda dengan kawasan DIY bagian kota atau Sleman, tempat wisata di Gunungkidul didominasi oleh wisata alam. Namun tidak menutup kemungkinan adanya wisata sejarah dan kebudayaan di Kabupaten yang dikenal banyak memiliki pegunungan karst ini. Inilah tempat-tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Gunung Kidul.

Berikut ini, adalah 73 tempat wisata di Gunung Kidul yang bisa menjadi destinasi liburanmu.

A. Wisata Pantai di Gunung Kidul

1. Pantai Kesirat

Tempat wisata di Gunung Kidul
via mantai.id

Pantai Kesirat adalah salah satu pantai dari sekian banyak pantai di Kabupaten Gunungkidul. Pantai Kesirat terletak di Desa Karang, Kelurahan Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Pantai ini adalah pantai yang sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka camping atau menikmati sunset. Jadi karena letaknya cukup jauh dari Kota Yogyakarta, kamu bisa menikmati sunset di Pantai Kesirat ini kemudian dilanjutkan dengan camping. Jangan lupa persiapkan semua perbekalan ya.

Jam operasional : tidak ada waktu khusus.
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,00.

2. Pantai Gesing

Tempat wisata di Gunung Kidul
via detik travel

Terletak di kawasan Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang Gunung Kidul, Pantai Gesing adalah salah satu pantai yang cukup jarang dikunjungi wisatawan. Padahal pantai ini memiliki keindahan yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Gunung Kidul. Nah di Pantai Gesing ini kamu dapat menikmati liburan dengan cara apapun. Kelebihan dari pantai ini adalah ombaknya yang tidak terlalu besar serta banyaknya ikan laut hias yang dapat diamati di pinggiran pantai. Hal ini tentu saja sangat menyenangkan ya apalagi jika dinikmati bersama keluarga.

Jam operasional : tidak ada waktu khusus.
Harga tiket masuk : Rp. 10.000,00.

3. Pantai Ngluwen

Tempat wisata di Gunung Kidul
via telusurjogja.com

Banyaknya pantai di Gunungkidul membuat para wisatawan tidak bingung akan berkunjung kemana. Hanya perlu menentukan tujuan berlibur, aktivitas liburan apa yang diinginkan, maka pilihan pantai di Gunungkidul dapat mengakomodasi. Salah satunya adalah di Pantai Ngluen. Pantai Ngluen adalah pantai di Gunungkidul yang sangat cocok untuk camping. Pantainya yang kecil dan dikelilingi pegunungan karst semakin membuat suasana pantai ini berbeda dengan pantai lainnya. Kamu pun tidak perlu bingung mencari spot foto di pantai ini.

Jam operasional : tidak ada waktu khusus
Alamat : Desa Krambil Sawit, Saptosari, Gunungkidul.

4. Pantai Ngeden

Tempat Wisata Gunung Kidul
via Mytrip123

Pantai-Pantai di Gunungkidul tentu saja merupakan pantai selatan yang dikenal memiliki ombak besar. Beruntungnya terdapat pegunungan karst yang dapat membuat arus ombak tidak terlalu besar. Nah, salah satunya adalah Pantai Ngeden. Memiliki hamparan pasir yang luas dan dikelilingi pegunungan karst, Pantai Ngeden adalah tempat yang cocok bagi kamu yang hobi memancing. Selain memancing, camping di pantai ini juga tidak kalah asik dengan pantai lainnya.

Jam operasional : tidak ada waktu khusus

Harga tiket masuk : sementara hanya perlu membayar biaya parkir (Rp2000,00 untuk motor dan Rp 4000,00 untuk mobil).

5. Pantai Nguyahan

Tempat Wisata Gunung Kidul
via Wsrentaljogja.com

Pantai Nguyahan merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang wajib kamu kunjungi. Letaknya berdekatan dengan Pantai Ngobaran, jika kesini kamu dapat menikmati 2 panorama pantai sekaligus. Pantai Nguyahan beralamatkan di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.Dibandingkan Pantai Ngobaran, daratan Pantai Nguyahan cenderung lebih rendah. Namun kamu menikmati mandi di tepi pantai sambil melihat biota laut di dalamnya sangat menyenangkan jika dilakukan di Pantai Nguyahan. Jadi tunggu apalagi?

Jam operasional : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp5000,00

6. Pantai Ngobaran

Tempat wisata gunung kidul
via travelspromo.com

Berdekatan dengan Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran dapat kamu jadikan tempat berkunjung setelah puas bermain air di Pantai Nguyahan. Setelah berbilas dang anti baju, menikmati pemandangan di Pantai Ngobaran sangat mengasyikkan. Apalagi di Pantai Ngobaran terdapat beberapa bangunan patung-patung yang menambah suasana pantai seperti di Pulau Dewata. Kamu dapat menyaksikan berbagai patung dari tokoh pewayangan seperti Ganesha, Semar, dan sebagainya. Mengabadikan foto disini adalah hal wajib ketika berkunjung di Pantai Ngobaran.

Jam operasional : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp. 5.000

7. Pantai Torohudan 

Wisata Gunung Kidul
via jogjaonstage.com

Berbeda dengan pantai-pantai di Gunungkidul lainnya yang mungkin sudah terkenal di kalangan wisatawan. Salah satu pantai yang terletak di Desa Kanogoro, Saptosari, Gunungkidul ini cenderung masih sepi pengunjung. Nah pantai ini biasanya paling disukai oleh para pemancing karena masih sepi. Karena aksesnya terbilang cukup sulit yaitu harus berjalan kaki selama 15 menit dari tempat penitipan pendaraan, maka pengunjung pun masih banyak yang enggan berkunjung kesini. Jadi bagi kamu yang memiliki hobi memancing atau sekedar menghabiskan waktu di suasana yang sepi pantai in sangat cocok buat kamu.

Jam operasional : tidak ada waktu khusus.
Harga tiket masuk : belum ada

8. Pantai Ngrawe

Wisata Gunung Kidul
via ngetripkemana.com

Panjangnya garis pantai di Gunungkidul membuat banyaknya ditemukan pantai-pantai baru yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Ngrawe yang juga merupakan pantai baru untuk menjadi salah satu destinasi wisata di Gunungkidul. Letaknya yang masih tersembunyi dibalik lading para petani membuat pengalaman mengunjungi pantai ini cukup unik. Selain itu, pantai Ngrawe memiliki pemandangan berupa batuan karst yang mengapit pantainya jadi seperti pantai kecil milik pribadi ya. Selain pemandangannya yang indah, Pantai Ngrawe ini juga sudah memiliki banyak sekali fasilitas untuk para wisatawan yang akan mendukung agenda berlibur kamu.

Jam operasioanl : 06.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

9. Pantai Baron

tempat wisata gunung kidul
via hargatiket.net

Pantai Baron merupakan destinasi wisata pantai yang sudah sangat terkenal di Gunungkidul. Terletak di Desa Rejosari, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul ini terbilang setiap saat ramai pengunjung. Menjadi salah satu destinasi pantai andalan di Gunungkidul, pantai ini senantiasa dilakukan pembangunan fasilitas. Tidak hanya fasilitas umum untuk kebutuhan dasar pengunjung melainkan spot-spot foto maupun menikmati pemnadnagan pantai pun semakin memadai. Jika kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama di pantai Baron, kamu juga dapat mencari penginapan terdekat yang tersedia di Pantai Baron. Dan saat ini Pantai Baron sudah diperbaharui menjadi Baron Techno Park.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

10. Pantai Kukup

tempat wisata gunung kidul
via tirto.id

Salah satu pantai yang tidak kalah terkenal di Gunungkidul yaitu Pantai Kukup. Pantai Kukup terletak di Desa Ngepung, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Pantai ini tergolong pantai yang cukup lengkap fasilitasnya mulai dari spot-spot foto, spot menikmati pemandangan, kuliner, hingga penginapan. Layaknya pantai Gunungkidul lainnya, Pantai Kukup juga dikelilingi batuan karst yang membuat pasir pantai cenderung berwarna putih. Selain itu, di Pantai Kukup ini biasanya juga menjadi tempat diadakannya upacara adat seperti sedekah laut. Nah jika beruntung, kamu bisa menikmati pemandangan pantai sekaligus menyaksikan upacara adat ya.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

11. Pantai Sepanjang

Wisata Gunung Kidul Yogyakarta
via wsrentaljogja.com

Salah satu pantai di Gunungkidul yang cukupo unik yaitu Pantai Sepanjang. Pantai Sepanjang merupakan pantai yang terletak di Ngalos, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Jika beberapa pantai di Gunungkidul kamu menemukan banyak sekali batuan karst, di Pantai Sepanjang ini berbeda. Kamu tidak akan khawatir terluka oleh batuan karst karena pantainya berpasir dengan warna putih yang menyenangkan. Selain itu di Pantai ini juga terdapat pantai ini juga terkenal memiliki suasana seperti di Pantai Kuta Bali. Kapan lagi kan berkunjung di Yogyakarta tapi sekaligus merasakan suasana Bali.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

12. Pantai Watu kodok

Wisata Gunung Kidul
via nativeindonesia.com

Pantai ini cukup unik dengan namanya yaitu Watu kodok yang berarti sebuah batu berbentuk seperti kodok. Jika diamati memang di pantai ini terdapat batu karang yang bentuknya mirip kodok. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik pantai watu kodok. Nah selain bentuk batu ikonik tersebut, Pantai Watu kodok juga memiliki keunikan lainnya. Bagi kamu yang memiliki hobi camping, pantai ini sangat cocok dijadikan tempat camping. Sudah banyak pengunjung yang camping di pantai ini dan sebagian besar merasa senang.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

13. Pantai Drini

Wisata Gunung Kidul
Pantai Drini

Pantai Drini merupakan salah satu pantai yang terletak di Tanjungsari Gunungkidul tepatnya berdekatan dengan Pantai Baron. Pantai Drini menjadi salah satu pantai yang juga sering menjadi destinasi wisata bagi masyarakat yang ingin liburan. Pasalnya fasilitas di Pantai Drini sudah cukup lengkap serta spot-spot menariknya cukup banyak. Selain itu di Pantai Drini kamu juga akan banyak menemukan biota laut yang cukup melimpah dari rumput laut, anemone, bulu babi, dann ikan-ikan kecil lainnya. Jadi pantai Drini sangat cocok untuk kamu dan kelaurga berlibur.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

14. Pantai Krakal

tempat wisata gunung kidul

Pantai Krakal adalah pantai di Gunungkidul yang cukup menjadi andalan bagi para wisatawan. Bibir pantai yang cukup panjang membuat pantai ini cukup asyik untuk dikunjungi. Pantai Krakal memiliki kawasan intertidal yang terdiri dari batuan karang sehingga membuat kawasan ini banyak ditemukan biota laut. Tidak jarang pantai ini dijadikan tujuan pengamatan oleh pelajar untuk mempelajari biota laut. Selain itu di Pantai Krakal juga telah banyak dibangun spot-spot unik untuk berfoto. Kamu juga akan dengan mudah menemukan penginapan dan warung di pantai ini. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin bermalam di pantai yang indah ini.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 10.000,00.

15. Pantai Sadranan

Tempat wisata gunung kidul
via eksotisjogja.com

Kini berlibur ke pantai dan melakukan aktivitas snorkeling tidak perlu lagi harus ke Karimun Jawa atau ke Raja Ampat. Kekayaan laut Indonesia yang tersebar di seluruh lini membuat keindahan bawah laut pun dapat ditemukan dimana-mana termasuk di salah satu pantai Gunungkidul ini yaitu Pantai Sadranan. Pantai ini menjadi pantai yang dapat digunakan untuk mengamati dunia bawah laut dengan cara snorkeling karena terumbu karang yang ada di kawasan ini dekat dengan bibir pantai. Oleh sebab itu menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai Sadranan dengan menyajikan beberapa fasilitas yang mendukung aktivitas liburan yang menyenangkan ini.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

16. Pantai Sundak

Wisata Gunung Kidul
via alodiatour.com

Salah satu pantai di Gunungkidul tepatnya di Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus yaitu Pantai Sundak. Pantai Sundak merupakan sebuah pantai yang memiliki pasir berwarna putih dengan pamandangan indah khas pantai Gunung kidul yang dikelilingi dengan batuan karst. Menikmati liburan di Pantai Sudnak memang kurang seru jika tidak basah-basahan bermain air di pantai. Namun perlu kamu ketahui bahwa ombak di Pantai Sundak cukup besar sehhingga bagi kamu yang ingin bermain air harus berhati-hati.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp 5000,00 (weekday) Rp 6000,00 (weekend).

17. Pantai Indrayanti

wisata gunung kidul
via detik travel

Pantai Indrayanti merupakan pantai yang diketahui namanya cukup unik yaitu merupakan gabungan nama pemilik restoran Pak Indra & Bu Yanti yang letaknya tidak jauh dari pantai. Nama ini menjadi nama dari mulut ke mulut karena restoran tersebut. Nah Pantai Indrayanti ini letaknya berdekatan dengan Pantai Sundak dan masih di kecamatan yang sama yaitu Kecamatan Tepus. Di Pantai Indrayanti ini kamu dapat menikmati deburan ombak dan pasir pantai yang bersih di bawah kanopi-kanopi yang disewakan. Tidak ketinggalan, nikmati juga kuliner khas pantai yang banyak dijajakan di sekitar pantai.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

18. Pantai Poktunggal

wisata gunung kidul
via Camerawisata.com

Menilik ke berbagai pantai berpasir putih di Gunungkidul dengan berbagai macam keunikannya ternyata terdapat pantai yang keindahannya hingga diumpamakan sebagai surge tersembunyi. Pantai tersebut adalah Pantai Poktunggal yang terletak di kawasan Tepus gunungkidul. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan unik. Salah satu ikon yang tidak boleh ketinggalan ketika mengabadikan moment di Pantai Poktunggal adalah pohon yang sangat indah dipadankan dengan keindahan pantai. Yang menantang dari Pantai Poktunggal adalah rutenya yang cukup berkelok-kelok dan sedikit terjal. Namun tentu saja ketika smapai di Pantai semuanya terobati dengan keindahan Pantai Poktunggal.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 10.000,-

19. Pantai Seruni

Tempat Wisata Gunung Kidul
via jogjaempatroda.com

Tidak jauh letaknya dari Pantai Poktunggal, Pantai seruni juga berada di kawasan Tepus Gunungkidul. Keindahan Pantai Seruni ternyata tidak kalah dengan pantai lainnya yang memiliki eksotisme tersendiri. Betuan karst dengan berbagai pola di pantai ini menambah pemandangan menjadi lebih indah dan unik. Jadi tidak jarang beberapa pasangan melakukan sesi pemotretan prewedding di Pantai Seruni. Tidak hanya pemandangan yang indah, jika sedang beruntung pada saat musim penghujan kamu memperoleh fenomena unik tambahan yaitu adanya air terjun dadakan. Air terjun tersebut hanya muncul ketika musim penghujan.

Jam operasional : 24 jam.

Harga tiket masuk : Rp10.000,00.

20. Pantai Timang

tempat wisata gunung kidul
via wisatabagus.com

Pantai Timang merupakan pantai di Gunungkidul yang sangat unik. Memiliki konsep yang berbeda, Pantai Timang menawarkan pengalaman wisata yang seru untuk menikmati keindahan laut. Terletak di Purwodadi, KecamatanTepus Gunungkidul, pantai ini sudah cukup dikenal karena keunikannya. Menawarkan pengalaman jalan-jalan ke pantai yang berbeda, di Pantai timang kamu akan menikmati wahana seru yang tidak dapat kamu temukan di pantai lain. Kamu bisa menikmati menyebrangi lautan dari Pulau karang dengan menggunakan gondola tradisional. Sungguh memicu adrenalin kan ya. Nah bagi kamu yang was-was menggunakan gondola, kamu juga bisa menikmati suasana di jembatan gantungnya. Pokoknya kalau berkunjung ke pantaiini dijamin seru deh.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : gratis
Spot jembatan : Rp. 30.000,-
Spot Gondola : Rp. 150.000,-

21. Pantai Jogan

Tempat Wisata Gunung Kidul
via suara.com

Tidak kalah unik dengan pantai di Gunung Kidul lainnya. Justru pantai ini memiliki keunikan yang tidak dapat ditemukna di pantai lain. Pantai ini biasa disebut dengan nama Pantai Jogan. Pantai Jogan terkenal dengan keunikannya yang memiliki air terjun air tawar yang langsung terjun menemui laut. Jadi jika kamu mengunjungi Pantai Jogjan kamu akan sekaligus berwisata di air terjun dan di pantai. Seru sekali bukan? Hal inilah yang membuat Pantai Jogan kian diminati oleh para wisatawan untuk berkunjung dan membuktikan bahwa adanya pertemuan air terjun yang langsung jatuh ke laut tersebut.

Jam operasional : 08.00 – 18.00
Harga tiket masuk : Rp. 5.000,-

22. Pantai Nglambor

Tempat wisata gunung kidul
Via ainonholidays.com

Pantai Nglambor merupakan pantai di gunungkidul yang menawarkan fasilitas untuk melihat dunia bawah laut dengan melakukan aktivitas snorkelling. Hamparan terumbu karang yang dekat dengan bibir pantai membuat wisata pantai ini memiliki daya tarik yang unik. Pantai Nglambor adalah pantai pertama di Gunungkidul yang menawarkan fasilitas snorkelling ketika berlibur ke pantai Gunungkidul. Untuk alat snorkelling di pantai ini sudah disediakan penyewaan namun jika kamu memiliki alat sendiri juga boleh untuk dibawa. Kamu akan merasakan sensasi berenang bersama ikan-ikan dengan pemandangan warna-warni terumbu karang.

Jam operasional : 06.30 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk : Rp. 10.000,-

23. Pantai Siung

tempat wisata gunung kidul
via sewamotordijogja.com

Pantai Siung merupakan sebuah pantai unik di kawasan Tepus Gunung Kidul. Pantai Siung emiliki banyak sekali keunikan yang membuat kamu merasa senang ketika berada disana. Di Pantai suing ini kamu dapat menikmati pantai sekaligus semacam dataran tinggi yang terdiri dari rerumputan luas. Tentu hal ini salah satu keunikan yang dimiliki oleh Pantai Siung dan tidak dimiliki oleh wilayah lain. Tidak hanya itu, Pantai Siung seringkali menjadi tempat camping, tempat panjat tebing hingga tempat untuk sekedar berfoto dan menikmati deburan ombak.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 10.000,-

24. Pantai Watu Lumbung

Tempat wisata gunung kidul
via bapermulu.com

Pantai di Gunung Kidul sangatlah beragam. Terdapat banyak sekali jenis pantai di Gunung Kidul yang memiliki pesonanya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Watulumbung. Terletak di kawasan Balong, Girisubo Kabupaten Gunung Kidul. Dapat diketahui dari namanya, Pantai Watulumbung memiliki keunikan berupa adanya batuan menjulang tinggi di tengah laut. Pemandangan ini mirip seperti Pulau Merah Banyuwangi atau Pantai Papuma Jember. Namun jumlah batu berbentuk lumbung padi di Pantai Watulumbung ini ada 2 dengan ukuran yang berbeda. Nah ketika berlibur kesini tentu saja berfoto dengan background batu tersebut tidak boleh dilewatkan.

Jam operasional : 06.00 - 18.00 WIB.
Harga tiket masuk : Rp. 5000,-

25. Pantai Wediombo

tempat wisata gunung kidul
via datawisata.com

Wediombo adalah pantai di Gunung Kidul yang letaknya berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Wediombo memiliki keindahan yang sangat mempesona. Pasirnya yang putih dan batuan karang mati yang menghiasai sekitar pantai serta pegunungangan yang tampak kehijauan membuat pantai ini tampak lebih indah. Seperti namanya yaitu Wediombo yang berarti pasir yang luas, diketahui Wediombo ini memiliki kawasan yang lebih luas dibandingkan pantai di dekatnya. Nah kamu yang berlibur ke Pantai Wediombo kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air atau bahkan camping. Pantai ini sangat cocok untuk menikmati akhir pekan melepaskan penat dari hiruk pikuk kota.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 5.000,-
Harga tiket camping : Rp. 35.000,-

26. Pantai Greweng

wisata gunung kidul
via raskita.com

Terletak di Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Greweng merupakan pantai yang tergolong baru. Oleh sebab itu memang masih sedikit masyarakat yang menganal pantai ini. Terdapat banyak sekali keunikan yang terdapat di pantai ini salah satunya adalah adanya gua dan mata air. Nah spot-spot tersebut dapat kamu lihat ketika kamu berkunjung kesana. Untuk spot foto kamu juga tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali sudut-sudut di pantai ini yang dapat digunakan sebagai tempat pengambilan foto yang bagus. Yang menjadi andalan para wisatawan di pantai ini ketika mengambil foto adalah berfoto di tengah-tengah antara 2 batuan karst yang tengahnya tampak air laut. Pasti seru kalau kamu dan teman-temanmu juga mendapat koleksi gambar disana.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp. 5.000,-

27. Pantai Sedahan

tempat wisata di gunung kidul
via pariwisataku.com

Pantai Sedahan tidak jauh berbeda dengan pantai yang lainnya. Namun pantai Sedahan juga masih tergolong baru sehingga masih sepi pengunjung terutama di hari biasa. Nah kamu yang menyukai suasana pantai yang sepi, pantai Sedahan mungkin dapat menjadi referensi yang tepat bagi kamu untuk berkunjung. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah berupa batuan karst yang mengapir pantai sehingga tampak berbeda dengan pantai lain. Nah selain itu garis pantainya yang cukup panjang akan membuat kamu lebih leluasa untuk bermain-main. Nah salah satu daya tarik dari Pantai Sedahan yaitu sering menjadi tempat penyu bertelur. Menarik kan?

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp. 5000,-

28. Pantai Sadeng

tempat wisata gunung kidul
via blog.reservasi.com

Pantai Sadeng merupakan sebuah pantai yang pada zaman dahulu menjadi muara sungai Bengawang Solo. Meskipun sekarang tidak lagi menjadi muara sungai yang fenomenal itu, Pantai Sadeng memiliki pesona yang cukup menarik bagi para wisatawan. Beralamat di Kecamatan Girisubo Gunungkidul, Pantai Sadeng adalah pantai yang tepat bagi kamu yang ingin melepas lelah di akhir pekan. Tidak hanya dapat menikmati indahnya pasir putih dan birunya air laut di Pantai Sadeng, disini kamu juga bisa berkunjung ke pelabuhan dan melihat aktivitas para nelayan. Selain itu kamu juga bisa berbelanja ikan segar di tempat pelelangan ikan. Pasti harganya lebih terjangkau dan tentu ikannya masih segar.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp 5.000,-

29. Pantai Ngrenehan

Tempat wisata gunung kidul
via camerawisata.com

Pantai Ngrenehan adalah pantai yang terletak di Desa Kanogoro Kecamatan Saptosari Gunungkidul. Berbeda dengan pantai di Gunungkidul lainnya, pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini memliki pemandangan unik berupa adanya kapal-kapal milik nelayan yang diparkir di tepi pantai. Dengan warna yang seragam, pantai ini berhasil menyajikan pemandangan yang berbeda. Kamu dapat mengambil foto di sekitar tempat kapal-kapal ini diparkir. Selain pemandangannya yang indah, di Pantai Ngrenehan juga kerap melaksanakan upacara-upacara terutama saat peringatan hari besar agama hindu seperti nyepi. Jadi pantai ini bukan sekedar pantai biasa.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 3000,-

30. Pantai Ngandong

tempat wisata gunung kidul
via merahputih.com

Jika kamu mengunjungi Pantai Indrayanti, jangan lupa mampir ke Pantai Ngandong karena letaknya berdekatan. Meski belum terlalu terkenal seperti pantai sebelahnya, Pantai Ngandong memiliki pemandangan yang tidak kalan mempesona. Di pantai ini kamu tidak hanya dapat menikmati keindahan laut melainkan kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas. Di pantai Ngandong kamu dapat bermain kano lho, tentu merupakan sebuah pengalaman mengesankan. Dan tidak hanya itu, ternyata di pantai ini juga menyediakan fasilitas untuk kamu yang hobi mengamati dunia bawah laut dengan cara snorkeling. Sambil sesekali ketika bersantai di tepi pantai kamu akan melihat banyak kapal nelayan yang berlabuh. Hal ini dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bukan?

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 10.000,-.

31. Pantai Slili

wisata gunung kidul yogyakarta
via yogyes.com

Pantai Slili biasanya juga dikenal dengan sebutan Pantai Watu Lawang. Pantai ini memiliki banyak sekali daya tarik meskipun tergolong baru, jadi tidak heran jika banyak dicari oleh wisatawan. Selain di Pantai Sadranan dan Pantai Nglambor, di Pantai Slili juga menawarkan fasilitas untuk snorkeling. Hanya dengan menyiapkan kocek Rp 35.000,- kamu sudah bisa menyewa paket peralatan beserta pemandu untuk mengamati dunia bawah laut yang sangat mempesona. Tidak hanya dapat snorkeling, di pantai ini juga terdapat gazebo-gazebo yang dapat kamu gunakan untuk sekedar bersantai menikmati indahnya pantai. Jadi tunggu apa lagi? Kamu dapat mengunjungi pantai ini sekarang juga.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 10.000,-

32. Pantai Jungwok

wisata di gunung kidul
via limakaki.com

Pantai Jungwok terletak berdekatan dengan Pantai Wediombo yang indahnya juga tidak kalah dengan pantai lain. Garis pantainya yang panjang membuat pantai ini terasa lebih langang sehingga dapat membuat liburanmu lebih tenang. Tidak hanya itu, pantai ini juga cocok untuk liburan keluarga karena dapat dijadikan tempat untuk belajar biota laut. Di Pantai Jungwok kamu dapat mengamati berbagai jenis biota laut yang ada di kawasan intertidal seperti bintang laut, bulu babi, hingga rumput laut. Di Pantai Jungwok ini kamu juga bisa camping bersama kerabat lho. Pasti akan sangat seru.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 5.000,-


B. Wisata Goa di Gunung Kidul Yogyakarta

33. Goa Gelatik

tempat wisata gunung kidul
via antarejatour.com

Gunung Kidul tidak melulu tentang keindahan pantai. Tapi Gunung Kidul memang selalu menyajikan keindahan-keindahan alam yang luar biasa. Salah satuyang membuat banyak orang takjub adalah Goa Gelatik. Salah satu goa yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki pesona yang unik dan berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Goa ini diberi nama Goa Gelatik karena dulu terdapat banyak burung gelatik yang ada disana. Di goa ini kamu dapat melakukan aktivitas caving bersama teman-teman beserta pemandu dengan peralatan yang sudah disediakan.

Jam operasional : 08.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk : Rp. 30.000,-

34. Goa Seropan

Tempat Wisata Gunung Kidul
via mahapalajoss.wordpress.com

Goa Seropan adalah sebuah goa di Gunung Kidul yang saat ini menjadi destinasi wsiata andalan bagi para wsiatawan. Mulanya hanya Goa Pindul yang menjadi andalan, namun saat ini sudah cukup banyak doa yang dapat menjadi opsi kamu untuk berlibur dengan melakukan aktivitas di goa. Goa Seropan terletak di Kecamatan Semanu Gunungkidul tepatnya di Desa Gobang. Untuk melakukan berbagai aktivitas seru di Goa Seropan ini seperti halnya aktivitas caving, kamu dapat menyewa peralatan yang tersedia atau membawa peralatan sendiri. Goa ini juga sedang dalam proses penelitian untuk dibuat bendungan guna kepentingan pengaplikasian Pembangkit Listrik Tanaga Mikrohidro. Wah banyak sekali ya potensi yang dimiliki Goa Seropan ini.

Jam operasioanl : 24 jam.
Harga tiket masuk : belum ditentukan (seikhlasnya).

35. Goa Kalisuci

Tempat Wisata Gunung Kidul
via bookprimera.com

Berada di kawasan pegunungan karst Gunung Sewu, Goa Kalisuci adalah salah satu destinasi wisata yang tidak dapat diabaikan di Gunungkidul. Dari berbagai macam goa digunungkidul, Goa Kalisuci memiliki keunikan tersendiri yang tidak ditemukan di goa lain. Ketika berkunjung ke goa ini kamu akan mendapatkan pengalaman liburan dengan menelusuri sungai di bawah tanah yang tentu saja didampingi oleh pendamping wisata. Kamu akan menggunakan peralatan yang telah disediakan dan siap untuk menelusuri sungai yang sekaligus menelusuri goa tersebut. Keindahan stalagtit di goa pun bisa kamu nikmati sepanjang perjalanan rafting.

Jam operasional :08.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masuk : Rp. 80.000,00 (termasuk fasilitas menelusuri goa).

36. Goa Cokro

Wisata Gunung Kidul

Meskipun terkenal angkar, destinasi wisata Goa Cokro ini kini sudah banyak menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan. Terletak di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul goa ini memiliki keindahan yang cukup unik. Lubang goa ini cukup unik yaitu jalurnya vertical berbeda dengan goa yang lain. Ketika kamu hendak menelusuri goa cokro, kamu harus mengenakan perlengkapan pengaman untuk menjaga keselamatan kamu. Semua peralatan sudah disediakan oleh pengurus Goa Cokro dan kamu tinggal membayar biaya retribusi dan menikmati pemandangan dan sensasi yang menakjubkan di goa ini.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 100.000,00 / orang (harus kolektif minimal 10 orang untuk penelusuran).

37. Goa Jomblang

tempat wisata di gunung kidul
via garasijogja.com

Goa Jomblang merupakan salah satu goa unik yang terletak di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Goa Jomblang juga merupakan goa yang berbentuk vertikal, jadi akan lebih menantang ketika aktivitas menelusurinya. Bagi kamu yang inign menelusuri goa Jomblang inikamu akan didampingi oleh pemandu dan menggunakan peralatan keamanan untuk kepentingan keselamatan. Uniknya di dasar goa ini kamu akan menemukan sebbuah pohon yang hingga saat ini belum diketahui termasuk dalam spesies apa. Beberapa peneliti sudah datang melakukan pengamatan namun belum kunjung ditemukan jawabannya. Tidak hanya itu, karena goa ini berbentuk vertikal, cahaya yang masuk akan tampak seperti cahaya surge seperti di film-film. Wah pasti seru ya.

Jam operasional : 08.00 – 14.00 WIB.
Harga tiket masuk : Rp. 450.000 – Rp. 1.000.000 (untuk minimal 5 orang / kelompok).

38. Goa Maria Tritis

wisata gunung kidul
via visitingjogja.com

Goa Maria Perantara Wahyu atau yang lebih dikenal dengan sebutan Goa Maria Tritis merupakan salah satu goa di Gunungkidul yang merupakan goa untuk umat Katolik. Meskipun diperuntukkan bagi umat katolik, pengunjung yang menganut agama selain katolik boleh berkunjung kesini. Di goa ini terdapat banyak sekali pertunjukanbaik berupa diorama, patung, hingga lukisan yang akan menceritakan tentang Yesus dan Bunda Maria. Ketika sampai di goa kamu akan melihat patung Bunda Maria. Suasana di Goa Maria ini sangat tenang dan hening karena memang jauh dari pemukiman dan juga diperuntukkan untuk kebutuhan spiritual.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : gratis

39. Goa Paesan

tempat wisata gunung kidul


Goa Paesan terletak di Desa Tambakromo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunung Kidul. Nama Goa Paesan tersendiri menyimpan cerita sejarah. Dalam bahasa Jawa ‘paesan’ berarti ‘riasan’ yang konon goa ini dulu digunakan untuk merias pengantin namun terdapat suatu serangan tak terduga. Meskipun tidak sepopuler Goa Pindul goa ini sudah cukup dikenal oleh para wisatawan. Kedalamannya sebetulnya hanya 200 meter namun keindahannya tidak terelakkan. Goa ini juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk memudahkan para pengunjung menyusuri goa. Tidak lupa sensasi melihat stalagtit dan stalagmite khas goa akan kamu rasakan selama perjalanan. Seru kan.

Jam operasional : 08.00 – 17.00 WIB

40. Goa Lowo

tempat wisata di gunung kidul jogjakarta
via asliindonesia.net

Goa Lowo merupakan sebuah goa yang menjadi destinasi wisata di kawasan Wediombo Gunungkidul. Goa ini terkenal sebagai goa yang cukup misterius. Namun meskipun memiliki stigma sebagai doa yang cukup misterius namun wisatawan tetap suka berkunjung ke goa ini. Nama ‘lowo’ didapat dari Bahasa Jawa yang berarti kelelawar. Layaknya sebuah goa yang memang biasanya dihuni kelelwar yang hidupnya nocturnal. Siang hari yang terik menjadikan goa sebagai tempat untuk kelelawar beristirahat. Jadi tidak heran jika di Goa Lowo ini banyak terdapat kelelawar.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket masuk : belum ditentukan.

41. Goa Rancang Kencono

tempat wisata di gunung kidul
via alodiatour.com

Goa Rancang Kencono adalah sebuah goa yang terletak di Desa Bleberan Kecamatan Playen Kebupaten Gunungkidul. Selain memiliki keindahan yang memukau, goa ini juga memiliki banyak cerita sejarah. Konon menurut para peneliti, goa yang berbentuk vertikal ini pada zaman dahulu pernah dijadikan sebagai tempat tinggal. Dan menurut cerita, tempat ini pernah menjadi tempat persembunyian Laskar Mataram ketika melawan penjajah. Meskipun berbentuk vertikal goa ini cukup mudah untuk disusuri karena terdapat anak tangga yang memudahkan pengunjung.

Jam operasional : 08.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk : Rp. 35.000,-

42. Goa Langse

tempat wisata gunung kidul yogyakarta
via brilio.net

Goa Langse tidak hanya memiliki keindahan yang memukau tetapi juga memiliki perjalanan sejarah yang cukup menarik. Konon goa ini pernah beberapa kali dikunjungi oleh Presiden Soekarno dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Nah jika kamu berkunjung ke goa ini, untuk memasuki goa kamu harus melewati jalan yang cukup menantang dan melelahkan. Namun ketika sudah tiba di goa, kamu akan melihat keindahan goa Langse yang membuat semua rasa lelah tadi hilang. Terletak di Desa Giricahyo Kecamatan Purwosari Gunungkidul, goa ini kini telah menerima banyak kunjungan dari wisatawan.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : Rp. 35.000,-

43. Goa Cokakan

tempat wisata di gunung kidul
via travel.detik.com

Goa Cokakan merupakan sebuah goa yang terletak di Desa Beji, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Goa ini mungkin jarang didengar oleh para wisatawan padahal pesona yang dimiliki goa ini tidak kalah dengan goa lainnya di Gunungkidul. Sensasi merasakan tetesan air dari stalagtit akan membuatmu betah berlama-lama menyusuri goa ini. Sungai bawah tanah yang menambah nuansa sejuk membuat pikiran menjadi lebih segar. Nah saat melakukan susur goa jangan lupa untuk mengabadikan gambar ya.

44. Goa Jlamprong

tempat wisata di gunung kidul yogyakarta
via kanaljogja.id

Pegunungan karst Gunungkidul memang telah melahirkan berbagai keindahan baik pantai maupun goa. Salah satu goa indah yang wajib kamu kunjungi ketika ke Gunungkidul adalah Goa Jlamprong. Nama Jlamprong pada goa ini konon zaman dahulu terdapat seekor harimau bernama Jlamprong yang menjaga goa ini. Goa yang terletak di Kecamatan Ngeposari Gunungkidul ini memiliki keindahan yang membuat para pengunjung dapat menghilangkan rasa lelah. Untuk menyusuri goa ini kamu akan didampingi oleh pemandu. Namun meskipun demikian kamu juga harus siap secara fisik.

Jam operasional : 24 jam

45. Goa Bribin

tempat wisata di gunung kidul yogyakarta
via gebleng.blogspot.com

Mendengar nama goa Bribin mungkin sebagian besar dari kamu sudah familiar. Bukan karena sudah sangat ramai pengunjung, hal tersebut tentu masih dimiliki oleh Goa Pindul. Namun di Goa Bribin ini memiliki keunikan yaitu adanya bendungan di bawah tanah. Keunikan ini merupakan salah satu hasil kerjasama antara Indonesia dan Jerman. Nah untuk mencapai dalam goa ini kamu harus menggunakan elevator karena kedalamannya mencapai 100 m. Konstruksi di goa ini cukup menakjubkan sehingga mampu mengalirkan air untuk dapat memasok kebutuhan air di desa-desa sekitar.

46. Goa Pindul

wisata gunung kidul yogyakarta
via wisatagoapinduljogja.com

Mendengar kata Goa Pindul tentu sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Pasalnya goa ini sudah sangat popular akan keindahannya dan pengalaman rekreasi yang disajikan. Goa ini terletak di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Berbagai aktivitas seru dapat kamu lakukan di goa pindul, kamu dapat melakukan aktivitas caving di goa Pindul dan tubing di Sungai Oyo yang letaknyaberdekatan. Selama melakukan penelusuran janngan lupa untuk menikmati keindahan stalagtit dan stalagmite yang ada di sepanjang goa. Dan tidak ketinggalan, jangan lupa menikmati bagian sumur terbaik yang memiliki panorama cahaya masuk dari lubang masuk ke dalam goa yang dibawahnya mengalir sungai.

Jam operasioanl : 07.00 – 16.30 WIB.
Harga tiket masuk : Rp. 40.000,-

C. Wisata Kota dan Desa Wisata di Gunung Kidul

47. Alun-alun Wonosari

tempat wisata di gunung kidul
via nidahanifaa.blogspot.com

Setiap berkunjung ke suatu daerah pasti banyak yang menanyakan tentang keberadaan alun-alun. Pasalnya alun-alun adalah tempat paling ideal untuk melepas lelah namun jaraknya dekat dan cocok untuk menikmati malam. Seperti halnya di alun-alun Kota Wonosari Gunungkidul ini. Di alun-alun Wonosari ini terdapat banyak sekali fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Tidak hanya dilengkapi dengan beragam kuliner yang dijajakan, berbagai fasilitas seperti wahana permainan, tempat bersantai, mushola, dan toilet pun tersedia disini. Jadi memang alun-alun Wonosari adalah tempat yang tepat untuk menikmati kebersamaan terutama bersama kerabat dan keluarga.

Jam operasional : 24 jam.
Harga tiket masuk : gratis

48. Desa Wisata Jelok

wisata di gunung kidul yogyakarta
via wisatakeyogyakarta.com

Berlibur ke tempat-tempat yang merupakan tempat wisata di perkotaan memang menjadi salah satu pilihan yang menggiurkan apalagi terdapat banyak sekali wahana permainan. Namun berkunjung ke desa wisata tidak kalah menyenangkan. Apalagi jika kamu berkunjung ke desa wisata Jelok yang terletak di Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.Di desa wisata Jelok ini kamu dapat melakukan berbagai kegiatan mengasyikkan sekaligus edukatif seperti gamelan, menanam, melukis, membatik, belajar menari, memasak makanan tradisional, menonton pertunjukan tradisional hingga menerbangkan layang-layang di sawah. Wah pasti seru sekali. Kalau kamu pernah tinggal di desa, kamu akan bernostalgia tentunya.

Jam operasional : 08.00 – 20.00 WIB
Harga tiket masuk :

  • Paket 1 hari : Rp. 75.000,00 – Rp150.000,00.
  • Paket Live in Homestay : Rp. 250.000,00 (per orang durasi 2 hari 1 malam).
  • Paket 1 hari 1 malam di 1 rumah limasan : Rp. 750.000,00.
  • Paket 1 hari 1 malam di 1 kamar tidur rumah limasan : Rp. 400.000,00.

49. Desa Wisata Wonosadi

Wisata di gunung kidul yogyakarta
via kebudayaan.gunungkidulkab.go.id

Desa wisata Wonosadi terletak di Desa Besi, Kecamatan Ngawen, sekitar 35 km kearah utara dari kota Wonosari, kamu yang takut tersesat bisa menggunakan aplikasi google maps. Desa wisata Wonosadi memiliki konsep ekowisata karena masih menjaga kawasan hutan adat Wonosadi sebagai potensi wisata. Selain alam nya yang masih terjaga baik, desa wisata Wonosadi juga menawarkan wisata lainnya yaitu Watu Gedhong, Kali Ndek, dan Sendang Karang Tengah, sebagai wisata rohani. Di desa wisata ini juga kamu akan menemui upacara kesenian dan kebudayaan yang masih dijaga oleh masyarakat sekitar seperti sadranan, mboyong dewi sri, mitoni, ruwatan dan rasulan. Bagi kamu yang ingin membawa oleh-oleh, desa wisata Wonosadi terkenal dengan kerajinan bambunya. Bagi kamu yang ingin merasakan kehidupan di desa wisata Wonosadi, terdapat beberapa penginapan dengan harga terjangkau serta tempat parkir yang memadai bagi yang membawa rombongan 

Jam operasional: 24 jam

50. Desa Wisata Garotan

tempat wisata di gunung kidul
via yogyakarta.panduanwisata.id

Kabupaten Gunungkidul sedang mengembangkan berbagai desa wisata, salah satu nya desa wisata Garotan yang terletak di desa Bendung, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul. Bagi kamu yang bosan dengan rutinitas pekerjaan atau perkuliahan di kota, maka desa wisata Garotan sangat cocok menjadi pilihan tempat libur mu, karena di desa wisata Garotan menawarkan kehidupan pedesaan dan mengikuti kegiatan masyarakat seperti menanam padi, membajak sawah, melihat kesenian masyarakat yang masih dijaga dengan baik. Selain itu,sebagian besar masyarakat desa wisata Garotan berprofesi sebagai pengrajin cor besi, kamu bisa melihat proses pembuatan kerajinan cor besi dan pastinya kamu bisa membeli kerajinan cor besi sebagai oleh-oleh.  

Jam operasional : tutup setiap hari Sabtu

51. Desa Wisata Umbulrejo

tempat wisata di gunung kidul
via jogjasuper.co.id

Desa wisata lainnya yang berada di Gunungkidul adalah desa wisata Umbulrejo yang terletak di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, berjarak 13 km dari kota Wonosari. Kamu akan menemui berbagai wisata dan potensi yang ada di desa wisata Umbulrejo, bagi kamu yang menyukai kegiatan memancing dan makan hasil tangkapan nya, maka waduk Beton Indah menjadi tempat kamu menghabiskan waktu liburan untuk kegiatan memancing serta di waduk Beton Indah dilengkapi fasilitas outbond dan kapal untuk menikmati waduk. Selain itu desa wisata Umbulrejo terkenal memiliki wisata susur goa di antara nya goa Cokro, goa Gremeng dan goa Palar. Bagi kamu yang suka sunrise dan sunset, maka wisata bukit Mardedo Melikan menjadi pilihanmu. Bukit Mardedo Melikan memiliki beberapa spot yaitu bukit Parang Jurang, Watu Payung, Watu Belah, dan masih banyak lagi. 

Jam operasional Desa Wisata Umbulrejo : 

  • Goa cokro, goa gremeng dan goa palar 07:00-17:00 WIB
  • Bukit Mardedo : 24 Jam

Harga tiket:

  • Goa Cokro : 100.000/orang
  • Bukit Mardedo : Gratis  

52. Desa Wisata Mojo

tempat wisata di gunung kidul
via visitingjogja.com 

Desa wisata Mojo terletak di Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Kondisi geografis desa wisata Mojo dikelilingi oleh kapur, menjadikannya sebuah potensi alam yang dapat dijaga dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Bagi kamu yang menyukai wisata susur goa dan ingin melihat stalaktit, terdapat 3 goa yang berada di desa wisata Mojo, yaitu goa Gesing, goa Jlamprong, dan goa Sinden. Masyarakat desa wisata Mojo juga terkenal dengan kerajinan nya yang terbuat dari kapur, dari kerajinan ini lah menjadikan nya barang-barang seni bernilai tinggi 

Jam operasional : 24 jam

53. Desa Wisata Bobung

tempat wisata di gunung kidul
via backpackernyok.com

Desa wisata Bobung terletak di desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Yogyakarta tidak soal batik saja, di desa wisata Bobung ini kamu akan menemui berbagai jenis kerajinan topeng kayu, ini lah yang menjadi daya tarik dari desa wisata Bobung sebagai penghasil topeng kayu. Perkembangan kerajinan topeng kayu ini bermula dari kebutuhan topeng kayu untuk lakon-lakon pentas seni tari topeng panji. Buat kamu yang menyukai wisata seni dan budaya, desa wisata Bobung sangat cocok selain melihat aktivitas pengrajin topeng kayu serta ikut workshop membuat topeng kayu dan tentunya membeli topeng kayu sebagai souvenir

Jam operasional : 24 jam

54. Desa Wisata Bleberan

Wisata gunung kidul
via visitingjogja.com

Desa wisata Bleberan berada di Kecamatan Playen, Gunungkidul, berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Desa wisata Bleberan menawarkan wisata edukasi bagi para pengunjungnya, hal ini melihat desa wisata Bleberan sangat berhasil dalam mengelola badan usaha milik desa, dalam hal ini pengelolaan air bersih bagi warga dan koperasi nya, sehingga menjadi percontohan bagi desa lain untuk belajar pengelolaan air bersih. Wisata lainnya yang dapat kamu temui di desa wisata Bleberan adalah air terjun Sri Gethuk dan Goa rancang kencono

Jam operasional:

  • Air terjun Sri Gethuk : 08:00 - 16:00 WIB
  • Goa Rancang Kencono : 08:00 - 16:00 WIB

Harga tiket masuk

  • Air terjun Sri Gethuk : Rp. 15.000
  • Air Terjun Sri Gethuk+Goa Rancang Kencono: Rp. 35.000

D. Wisata Gunung, Bukit dan Sejarah di Gunung Kidul

55. Gunung Api Purba Nglanggeran

tempat wisata di gunung kidul
via alodiatour.com

Bagi kamu yang suka mendaki gunung, maka gunung Api Purba Nglanggeran menjadi pilihan tepat buat kamu saat berlibur di Yogyakarta. Terletak di wilayah desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Gunung Api Purba Nglanggeran berada di ketinggian 700 mdpl menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise dan sunset serta terdapat camping ground bagi para pengunjung nya untuk mendirikan tenda

Jam operasional : 24 jam

Harga tiket masuk :

  • Tiket masuk siang hari bagi domestik Rp.15.000,00 
  • Tiket masuk malam hari bagi domestik Rp.20.000,00
  • Tiket masuk siang dan malam hari bagi mancanegara Rp.30.000,00

56. Gunung Kendil

tempat wisata di gunung kidul yogyakarta
via hipwee.com

Gunung Kendil merupakan objek wisata yang terletak di desa Ponjong, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. Gunung Kendil sendiri sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar, di objek wisata Gunung Kendil menyediakan wisata pemandian untuk pengunjung serta kolam terapi sebagai pengobatan alternatif. Terdapat tiga kolam pemandian di Gunung Kendil, satu kolam untuk anak-anak dan dua kolam untuk dewasa.

Jam operasional : setiap hari jam 08:00 - 16:00 WIB
Harga tiket masuk : Rp.10.000,00

57. Gunung Patuk

Wisata Gunung Kidul Terbaik
via jogjaonstage.com

Gunung patuk terletak di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, terkenal dengan kawasan perbukitanmya, gunung patuk memiliki berbagai spot perbukitan yang bisa kita nikmati. Pertama adalah kawasan bukit bintang, di kawasan ini kamu akan menemukan banyak warung yang didirikan di kawasan perbukitan menghadap kawasan Yogyakarta, sehingga pada malam hari akan terlihat gemerlap nya Yogyakarta dari kawasan bukit bintang. 

58. Gunung Gambar

tempat wisata di gunung kidul terbaru
via yogyes.com

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, maka gunung Gambar adalah tujuan yang tepat. Gunung Gambar berada di ketinggian 650 mdpl, terletak di Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, berbatasan dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Gunung Gambar memiliki sejarah yang panjang, dimulai pada masa majapahit nama gunung Gambar awal nya bernama Alas Gempol, digunakan sebagai tempat pelarian dan pertapaan oleh Ki Ageng Gading Mas, setelah itu di abad ke 17 Raden Mas Said atau yang dikenal pangeran sambernyowo sering melakukan pertapaan untuk mendapatkan gambaran strategi mengalahkan VOC, setelah itu Alas Gempol berubah namanya menjadi Gunung Gambar. Bagi penikmat sejarah maka kawasan petilasan Ki Ageng Gading Mas dan petilasan Raden Mas Said menjadi momen tersendiri, selain Gunung Gambar menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang memanjakan mata pengunjung.

Jam operasional: 
Harga tiket:
Rp. 3000,00

59. Hutan Bunder

Tempat wisata di gunung kidul
via ajar.id

Gunung Kidul tidak kehabisan menampilkan kekayaan alam nya, salah satu nya adalah hutan Bunder, TAHURA (Taman Hutan Rakyat Gunungkidul). Hutan Bunder sendiri terletak di Desa Gading, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Akses untuk mencapai hutan Bunder sangat mudah melalui jalur Jogja-Wonosari menuju Kecamatan Playen. Hutan Bunder sendiri memiliki luas 634 Ha menjadi tempat kawasan konservasi flora dan fauna, selain itu pengunjung juga dapat melihat penangkaran rusa jawa yang ada di hutan Bunder. Tak elok rasa nya jalan-jalan tanpa mengabadikan momen dalam sebuah foto, di hutan Bunder telah di sediakan spot-spot foto yang menarik untuk bagi pengungjung. Bagi kamu yang membawa rombongan, hutan Bunder juga menyediakan wahana-wahana permainan seperti flying fox dan lainnya yang sangat cocok untuk kegiatan outbond. Kawasan hutan Bunder yang asri, sejuk karena terdapat sungai Oya mengalir sepanjang hutan ditambah dengan wanginya aroma minyak kayu yang berasal dari pabrik penyulingan minyak kayu putih di dalam hutan Bunder.

Jam operasional: 08:00 - 15:30 WIB
Tiket masuk: Rp. 10.000,-

60. Hutan Wanagama

via ihategreenjello.com

Hutan Wanagama terletak di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Pada awal nya, hutan Wanagama adalah sebuah lahan tandus, dan pada tahun 1964 pihak Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada melakukan penghijauan di kawasan tandus tersebut. Keanekaragam hutan Wanagama sangat lengkap, kamu yang berkunjung kesana akan menemukan pohon akasia, jati, murbei,cendana, eboni dan lain-lain. Kamu yang berkunjung ke hutan Wanagama akan terasa kesejukannya karena hutan Wanagama dialiri oleh tiga sungai, yaitu sungai Oya,sungai Sendang Ayu, dan Sungai Tibo.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket: Rp.5.000,00

61. Bukit Bintang

Wisata di Gunung Kidul Instsagramable
via yogjo.com

Bukit Bintang menjadi spot paling populer ketika kamu berkunjung ke Gunungkidul, apalagi jika kamu mengunjungi bukit Bintang di waktu sore hari hingga malam hari. Di bukit Bintang, kamu akan menemui berbagai warung untuk nongkrong yang berdiri diatas kawasan perbukitan patuk dan menghadap kawasan yogyakarta. Maka ketika kamu berkunjung bukit Bintang di malam hari, kamu akan menikmati kilauan lampu-lampu kota jogja dan sekitar nya dari bukit Bintang.

62. Bukit Kosakora

Wisata Bukit di Gunung Kidul jogjakarta
via travelspromo.com

Menikmati pantai khususnya sunset dari atas bukit menjadi pilihan liburan yang sangat beda tentunya, ialah bukit kosakora yang menawarkan keindahan indahnya garis pantai Gunung kidul yang panjang. Bukit Kosakora sendiri terletak di pantai Ngrumput, Gunung Kidul, untuk mencapai bukit Kosakora telah ada anak tangga buatan untuk mencapai puncak bukit Kosakora dan tetap utamakan keselamatan ketika menaiki anak tangga. Di Bukit Kosakora, kamu bisa melihat garis Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Waduk Kodok, Pantai Sepanjang, dan Pantai Kukup. Di sini kamu bisa mendirikan tenda untuk bermalam bersama teman-teman.

Jam operasional : 24 jam
Harga tiket : Rp. 10.000,-

63. Lembah Karst Mulo

Wisata Di gunung kidul terbaik
via jogjasuper.co.id

Kawasan Gunungkidul yang dilalui oleh rangkaian kawasan karst Gunung Sewu membuat Gunungkidul  menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Lembah Karst Mulo yang berada di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Lembah Karst Mulo terjadi ribuan tahun lalu di pegunungan Karst Mulo, berbentuk cekungan menjadi tempat penyerapan air melalui celah-celah nya. Di lembah Karst Mulo ini, kamu akan menikmati indahnya cekungan lembah yang diapit oleh tebing-tebing tinggi dan indahnya langskap batuan karst, serta melalui lembah Karst Mulo ini, kamu bisa menuju pintu masuk Goa Ngingrong yang berada di dasar lembah. Dan lembah Karst Mulo telah masuk salah satu situs geopark Gunung Sewu.

Jam operasional : 24 jam

64. Karst Pegunungan Sewu

tempat wisata di gunung kidul terbaru
via rentalmobiljogja.com

Pegunungan Karst Sewu adalah deretan pegunungan yang membentang di sepanjang pantai selatan, pegunungan ini terbentuk melalui proses pengangkatan dasar laut yang telah terjadi di ribuan tahun yang lalu dan pegunungan ini memiliki kawasan karst yang menjadi ciri khasnya.  Secara administratif karst pegunungan Sewu masuk di tiga wilayah, yaitu Gunungkidul, Yogyakarta, Wonogiri, Jawa Tengah dan Pacitan, Jawa Timur. Sekarang karst pegunungan Sewu berubah namanya menjadi Geopark Gunung Sewu. Di Gunungkidul terdapat 13 situs geopark meliputi pantai hingga goa. 

65. Kali Oyo

Wisata GUnung kidul jogjakarta
via republika.co.id

Bagi kamu yang menyukai river tubing, makan kali Oyo menjadi salah satu opsi kegiatan liburanmu. Kali Oyo adalah sebuah sungai yang memiliki panjang sekitar 1.500 meter, dengan hulu berada di lereng barat perbukitan gunung Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah hingga bermuara menuju sungai Opak, Kabupaten Bantul. Kali Oyo sendiri adalah sungai periodik, dimana debit air akan melimpah ketika musim hujan dan debit air akan menurun ketika musim kemarau. Menyusuri kali Oyo membuat kita menikmati alam terbuka yang sangat asri selama perjalanan, selain itu kita akan menemui indahnya tebing-tebing karst yang berada di kali Oyo dan menikmati air Terjun yang berada di kali Oyo. terdapat berbagai penyedia jasa untuk melakukan river tubing di kali Oyo dengan keamanan terjaga dan harga terjangkau untuk kamu, keluargamu dan teman-teman mu.

Jam operasional : 07:00 - 16:30

Harga tiket : Paket river tubing Rp. 45.000/orang

66. Embung Batara Sriten

Wisata Gunung Kidul Yogyakarta
via maioloo.com

Embung Batara Sriten yang terletak di Desa Sriten, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul, menjadi embung tertinggi di Yogyakarta. Berada pada ketinggian 859 mdpl, maka memerlukan usaha untuk mencapai embung Batara Sriten, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik sebelum menuju embung Batara Sriten. Jalan yang menanjak dan berliku-liku akan terbayar ketika menginjakkan kaki di embung Batara Sriten, kamu akan melihat hamparan pemandangan hijaunya Gunungkidul dari atas embung Batara Sriten serta merasakan udara yang sejuk di embung ini.  Terdapat beberapa gazebo serta penjual makanan dan minuman sehingga kamu bisa menikmati pemandangan sambil menikmati hangatnya kopi.

Jam operasional : 04:30 - 18:00 WIB

Harga tiket : Rp. 3.000,-

67. Telaga Kemuning

wisata di gunung kidul terbaru
via vikakurniawati.com

Telaga Kemuning berada di wilayah padukuhan kemuning yang masih dalam wilayah desa Bunder, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Area sekitar telaga Kemuning adalah wilayah hutan milik perhutani dan warga yang menambah kesejukan di sekitar telaga. Disini kamu bisa memancing ikan dengan fasilitas telah disediakan oleh pengelola dan ingin menikmati telaga dengan menaiki wahana air yaitu bebek-bebekan yang telah disediakan juga. 

Jam operasional : 24 jam 

Harga tiket :

  • Rp.2000,00
  • sewa alat pemancingan Rp. 10.000,00
  • sewa bebek-bebekan Rp.10.000,00 

68. Telaga Jonge

Wisata gunung kidul jogjakarta
via tribunnewswiki.com

Telaga Jonge berada di padukuhan Jonge, Desa Pancarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Tempat yang asri dan sejuk, serta telaga Jonge yang tidak pernah mengalami kekeringan menjadi berkah sendiri bagi warga padukuhan Jonge. Ada satu hal yang menarik dan khas dari telaga Jonge, yaitu pasar tradisional yang berada di telaga Jonge tidak menggunakan Rupiah sebagai alat tukar, namun menggunakan mata uang jonge. Pengunjung pasar tradisional harus menukarkan uang Rp.2000,00 untuk satu keping mata uang Jonge. 

Jam operasional : 05:30 - 19:00 WIB

Harga tiket: Gratis 

69. Bengawan Solo Purba

Wisata murah di gunung kidul
via jogya.com

Wisata edukasi yang dalam tahap pengembangan bernama Bengawan Solo Purba terletak di kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Wisata edukasi ini menjelaskan aliran sungai Bengawan Solo pada masa jutaan tahun lalu bermuara ke Pantai Sadeng, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, akan tetapi terjadi perubahan aliran karena pengangkatan tektonik. Pada akhirnya jalur air sungai Bengawan Solo pada zaman jutaan lalu tersebut mengering, dan wilayah tersebut sekarang telah menjadi bukit-bukit kapur yang semula adalah karang dibawah permukaan laut.  Jejak aliran Bengawan Solo Purba telah masuk dalam salah satu situs Geopark Gunung Sewu. Bagi kamu yang menyukai sejarah, maka menyusuri bukit serta lembah untuk menyaksikan bekas aliran Bengawan Solo Purba.

70. Situs Gunungbang

Wisata gunung kidul jogjakarta
via nyariwatu.blogspot.com

Situs Gunungbang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, GunungKidul. Situs Gunungbang adalah situs megalitik yang masih tersisa, terdapat artefak peti kubur batu yang ditemukan di situs Gunungbang.

71. Situs Megalitik Sokoliman

wisata gunung kidul murah
via tuguwisata.com

Situs Megalitik Sokoliman berada di Desa Bejiharjo,Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul berdekatan dengan situs Gunungbang dan goa Pindul. Situs Megalitik Sokoliman adalah tempat penyimpanan benda-benda prasejarah zaman megalitikum yang berasal dari wilayah Bejiharjo. Di situs ini, memiliki beberapa koleksi diantara nya 5 buah kubur batu, 7 buah papan kubur batu, dan 137 buah menhir.

Jam operasional: 08:00-17:00 WIB

Harga tiket : Rp.10.000,00

72. Situs Gambirowati

Ternyata Gunungkidul tidak hanya tentang wisata alam nya yang indah tetapi terdapat berbagai situs yang perlu kamu kunjungi, salah satunya Situs Gambirowati yang terletak di Dusun Watugajah, Desa Girijati, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Situs Gambirowati sendiri adalah sebuah pesanggrahan yang dibangun pada masa Mataram Islam. Dahulu digunakan oleh Sultan Hamengkubuwono II sebagai pesanggarahan atau rumah istirahat

Jam operasional: 09:00-17:00 WIB

73. Pertapaan Kembang Lampir

Wisata di gunung kidul
via detiknews.com

Pertapaan Kembang Lampir berada di Dusun Blimbing, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Pertapaan Kembang Lampir merupakan petilasan Ki Ageng Pemanahan dalam mencari wahyu mataram sebelum Kotagede berdiri dan sejarah awalnya dinasti Mataram. Saat ini Pertapaan Kembang Lampir digunakan untuk orang berdoa atau sekedar berkunjung dengan peraturan-peraturan yang harus ditaati dan dihormati.

Jam operasional : setiap senin dan kamis jam 08:00-16:00 WIB


Posting Komentar untuk "√ 73 Tempat Wisata di Gunung Kidul, Lengkap Beserta Harga Tiket Masuknya"