Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi The site is experiencing technical difficulties Pada Wordpress 5.2

Halo Sobat, kali ini saya mau berbagi pengalaman dimana pada saat saya mau maintenance website wordpress saya, pas login tidak bisa dan muncul pemberitahuan yaitu "The site is experiencing technical difficulties. Please check your site admin email inbox for instructions." kalo dalam bahasa indonesia seperti ini "Situs ini mengalami kesulitan teknis. Silakan periksa kotak masuk email admin situs Anda untuk instruksi." Apakah yang sebenarnya terjadi ?

Baik, lebih detail tentang masalah tersebut, simak yuk, gimana caranya mengatasi masalah The site is experiencing technical difficulties tersebut di bawah ini !

Penyebab Terjadinya The site is experiencing technical difficulties

  1. Versi PHP sudah tidak mendukung 
  2. Disebabkan oleh Plugin yang tidak Support dengan Versi Wordpress terbaru
Dari ketiga sebab tersebut, banyak ditemui penyebabnya adalah dari plugin yang tidak support dengan versi terbaru Wordpress. Kalo gitu

Jangan Kelewat Info Lain :

  1. Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Google AdSense
  2. Cara Mudah Share Postingan Blog Otomatis ke Sosial Media

Cara Mengatasi The site is experiencing technical difficulties

Jadi point utamanya sobat harus tau penyebabnya dahulu untuk mengatasi masalah tersebut. Dan kemungkinan dari masalah tersebut saya coba uraikan beserta cara mengatasinya di bawah ini.

1. Jika penyebabnya dari Versi PHP Yang tidak mendukung

Baik, untuk hal ini, kamu harus login terlebih dahulu ke Cpanel Kamu kemudian masuk ke menu Select PHP Version -> Switch to PHP Options -> Pilih PHP Versi Terbaru -> Set as Current


Cara Mengatasi The site is experiencing technical difficulties
Update Versi PHP


Kemudian coba, kamu test lagi, sudah bisa masuk ke tampilan login apa belum, jika belum mungkin penyebabnya bukan dari versi PHP. Mari lanjutkan ke penyebab kedua.

2. Jika Penyebabnya Karena Plugin Yang Tidak support sama versi WP terbaru

Langkah ini, hampir sama, kamu login ke cpanel kamu, kemudian masukan menu cpanel kamu masuk ke File Manager -> Public html -> Wp Content -> Plugins. Di sini terdapat folder plugin-plugin yang terinstall di web kamu. Untuk mengetahuinya kamu harus mencoba satu persatu menonaktifkan plugin dan cek.

Contoh Kasus : Disini saya sudah masuk ke folder plugin namun ada banyak sekali plugin yang terinstall saya bingung plugin yang mana yang memberi pengaruh kepada web saya tersebut. Akhirnya saya non aktifkan dengan me rename sementara dengan nama yang mudah diingat jadi ketika ternyata plugin yang di rename tidak berpengaruh maka saya kembalikan ke nama semula.

Mengatasi Masalah The site is experiencing technical difficulties
Perbaiki Plugin

Tahapan sederhananya seperti ini 
  • 1. Pilih Plugin
  • 2. Klik Rename
  • 3. Ganti nama sementara
  • 4. Refresh WP admin kamu, jika masih belum bisa, maka teruskan ke plugin berikutnya dengan langkah yang sama, sampai ketemu plugin yang bermasalah.

Nah, ternyata web saya tersebut bermasalah karena terpengaruh oleh salah satu plugin yang tidak support ke wordpress versi terbaru. Dan setelah itu saya non aktifkan plugin tersebut.

Selamat mencoba, dan semoga websitenya kembali normal ya Sobat. Dan semoga tutorialnya membantu Sobat yang memiliki masalah yang sama.

Jika ada yang mau berbagi juga, dan permasalahannya bukan dari kedua alasan di atas, boleh komen atau kontak saya, ya. Untuk saya update di kemudian hari.