Peluang Usaha : Memulai Bisnis Travel Tanpa Modal, Hasil Ratusan Juta

Dalam bisnis travel tentunya ada banyak komponen yang  bisa kita jual. Diantaranya :

  1. Tiket pesawat
  2. Tiket kereta api
  3. Voucher hotel
  4. Bus pariwisata
  5. Tiket masuk / pertunjukan
  6. Jasa tour guide
  7. Paket Wisata
Dari semua pilihan di atas, saya akan berbagi mengenai paket wisata saja, karena saya lebih fokus mengambil di penjualan paket wisata.

"Tapi, apa benar bisa dilakukan tanpa modal ?, kita kan butuh kantor, butuh operasional"


Bisa dong, buktinya saya bisa. Begini tahapan yang saya lakukan.

Pertama, saya menjual paket dari travel lain, saya mengadakan kerja sama dengan travel yang sudah berjalan. Yang saya ambil adalah paket yang sudah mereka kemas dan tinggal saya jual saja. Kalo produk mungkin disebut reseller.

"Tapi kan kita gak nguasain produk ?"

Aduuuh sudah deh banyak alasan tidak akan membuat kita bergerak, sekarang sudah era digital produk bisa dipelajari di internet dan teknis bisa kamnu tanya ke bagian travel terkait yang kamu ajak kerjasama.

Percayakah kamu, saya bisa jadi agent terbaik dengan closing agent jamaah umroh terbanyak di awal saya belajar buka bisnis ini.

Percayakah kamu, saya bisa jualan paket wisata raja ampat padahal sebelumnya saya belum pernah kesana, dan setelah sering closing akhirnya saya bisa menginjakan kaki kesana bahkan hampir setiap bulan.

Caranya ya seperti yang saya ungkapkan di atas, dengan informasi dari internet, dan dibantu dengan travel yang saya ajak kerjasama.

Untuk pemasaran paket wisata saya jual melalui internet dengan memanfaatkan sosial media, website dan marketplace.

Namun kamu gak perlu khawatir belajar dari Awal lagi karena saya akan membantu Anda.

peluang bisnis travel

Tahapan Memulai Bisnis Travel Agent Tanpa Modal

Jika kamu masih bingung mulai darimana, maka saya coba memandu kamu setiap tahapan yang perlu kamu lakukan pertama kami sebelum memulai bisnis travel ini. Diantaranya berikut ini..

Tahap 1. Cari Vendor Paket Wisata Yang Bisa Dijual

Tahap awal memulai bisnis travel tanpa modal adalah mencari vendor yang menjual paket wisata dan kredible. Kamu bisa jual paket tour domestik, paket umroh, atau pun paket wisata luar negeri.

Yang harus jadi perhatian, kamu perlu hati-hati juga memilih vendor ini, karena saya sudah mengalami yang namanya ditipu vendor ini. Maka jadi note, kinerja dan kredibilitasnya.. 

Beberapa opsi travel yang bisa ajak kamu kerjasama :
  1. TPK 48 Travel - Sorong, Paket Tour Raja Ampat
  2. Parahita Tour - Bali
  3. East Indonesia Trip - Labuan Bajo
  4. Rex Tour - Tour Bandung
  5. Cheria Holiday - Travel Muslim Halal, Jakarta
  6. Seribu Wisata - Travel Muslim, Tangerang Selatan
  7. Royal Asia Pasific - Wholesaler Tour Reguler
Setidaknya sejauh ini list di atas adalah yang masih bertahan bekerja sama dengan baik dalam penanganan tour.

Tahap 2. Kuasai Pemasaran Internet

Karena kita akan memulai bisnis tanpa modal, jadi pemasaran internet atau internet marketing perlu kamu kuasai. Minimal kamu ngerti posting di sosial media, forum juga marketplace apalagi jika kamu bisa menguasai website bisa jadi lebih powerful.

Ada banyak cara memasarkan produk via internet, karena kita bahas yang gratisan saya bocorkan beberapa cara memaksimalkan internet secara gratis, diantaranya :

a. Melalui Sosial Media

Sosial Media saat ini menjadi lahan basah untuk berjualan, seperti facebook, twitter, instagram yang bisa kamu maksimalkan untuk jadi lapak jualan kamu. Dengan pendekatan kepada calon prospektif, branding di sosmed jadi pilihan terbaik. Jika sudah ada modal, kamu kemudian bisa belajar masuk ke sosial media marketing dengan memasang iklan disana.

b. Melalui Marketplace

Ini juga tahun 2019 banyak bermunculan marketplace travel. Kamu bisa posting paket-paket kamu disana. Marketplace Travel yang bisa kamu jadikan pasar adalah triptrus.com, treya.io, opentripapp.id, Jualo, Eventbrite, Loket.com, Kaskus, Olx, Blibli, Traveloka juga bisa. Jadi banyak kolam ikan yang bisa kamu buang jangkar dan pancingan disana.

c. Melalui Website / Blog

Sebelum punya modal, kamu bisa gunakan platform gratisan seperti blogspot dan wordpress untuk posting produk paket wisata kamu. Kemudian bagikan deh url nya di sosial media kamu.

Tahap 3. Layani Tamu Sebaik Mungkin

Setelah kamu memasarkan di internet, maka akan ada yang kontak kamu baik melalui email, whatsapp, telpon, maupun sosial media untuk minta penawaran. Kamu layani sebaik mungkin. Bangun trust dengan calon tamu dan jelaskan secara detail baik dari itinerary, fasilitas dan lain sebagainya agar tidak menjadi komplen di lapangan. Informasikan saja baik buruknya contoh tentang cuaca, force majeure dan lain-lain. Kamu jelaskan di awal pokoknya.. Dan kemudian arahkan untuk pembayaran.

Biasanya untuk pembayaran, masing-masing vendor memiliki ketentuan sendiri. Ada yang transfer pembayaran melalui kamu dulu baru diteruskan dengan memotong fee, atau transfer langsung ke vendor dan komisi akan dikirim ke kamu. Pelajari saja ketentuannya dari masing-masing vendor.

Tahap 4 - Dapatkan Pelanggan Pertamamu

Di awal kamu akan banyak belajar menghadapi calon tamu dengan berbagai macam tipe, dan dari sekian banyak telpon masuk yang bertanya pasti tidak langsung semata-mata mudah. Kamu akan belajar dari kesalahan-kesalahan di awal. Tapi its oke, karena kamu akan mendapatkan gaya kamu sendiri saat menangani calon tamu nantinya. Semangat dan dapatkan pelanggan pertamamu !

Tahap 5 - Siap deh Kebanjiran Order

Jika sudah menemukan ramuan gimana caranya bikin calon tamu akhirnya memilih kamu sebagai parter perjalanan mereka. Kamu akan lebih pede dan faham trik nya supaya closing. Dan selalu kontrol perjalanan mereka, bangun komunikasi dan jika mereka puas, akan direkomendasikan dari mulut ke mulut. Sebuah marketing yang gratis dan sulit di dapat.

Penting juga, catat nama, no telp, email tamu kamu dan jadikan database, dimana yang nantinya bisa kamu prospek kembali dengan paket tour lainnya.

Tahap 6 - Belajar Membuat Paket Wisata Sendiri

Di tahap ini, anggaplah kamu sudah faham dengan skema perjalanan, variabel apa saja, vendor-vendor yang berkaitan dengan perjalanan, program menarik dan destinasi yang hits. Maka sudah saatnya kamu mencoba menjual paket wisata mu sendiri. Disini kamu sudah perlu memerlukan tim lapangan yang akan membantu kamu menghandle perjalanan di lapangan nantinya.

Itulah sekilas tahapan-tahapan Memulai Bisnis Travel tanpa modal berdasarkan pengalaman saya, jika ada yang lebih berpengalaman dan ingin menceritakan pengalamannya bisa hubungi saya atau bisa berkomentar di bawah ini. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha : Memulai Bisnis Travel Tanpa Modal, Hasil Ratusan Juta"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel